Digital

Ketika Perilaku Ber-Social Media Berubah

Tahun 2018, dominasi media sosial terhadap dunia pemasaran masih akan terus berlanjut. Bahkan, waktu yang dihabiskan pengguna untuk ber-social media terus mengalami kenaikan.

Tetap terhubung dengan teman rupanya menjadi motivasi utama pengguna untuk menggunakan jejaring sosial. Pada saat itu, konsumen digital juga terlibat dalam aktivitas baru seperti menonton siaran langsung, mencari produk, berinteraksi
dengan bot Messenger, dan menonton video mobile yang jumlahnya terus meningkat.

Berikut ini delapan perubahan perilaku pengguna dalam ber-social media.

#1 Hampir Seluruh Pengguna Internet Dapat Dijangkau Via Media Sosial

Menurut studi GlobalWebIndex’s, 98% pengguna internet mengatakan bahwa mereka mengakses atau menggunakan jejaring sosial setiap bulannya. Dan, 78% pengguna internet berusia 16-64 tahun terkoneksi dengan social media melalui perangkat mobile mereka.

#2 Pengguna Social Media yang Pasif Terus Bertumbuh

Sekitar 42% digital consumer menggunakan jejaring sosial untuk tetap terhubung dengan teman-teman mereka. Tetapi, survei ini juga menjumpai pertumbuhan jumlah pada passive social networkers. Sebagai contoh, 39% menggunakan jejaring sosial untuk mengakses berita. Dan, hampir 39% menggunakan jejaring sosial untuk mengisi waktu luang mereka. Tak heran, jika jejaring sosial kerapkali menggunakan konten video untuk melakukan monetisasi.

#3 Semua Mata Tertuju ke Mobile-First Social Video

Booming konsumsi video di media sosial didorong sejumlah kekuatan, antara lain smartphone, durasi perhatian yang pendek, pentingnya konteks, dan sesuatu hal yang baru. Dan, dalam “perang” perhatian di mobile video, Facebook mampu meraih peringkat teratas. Pada Q1 2017, Facebook berhasil memperoleh 48% dari total video yang diposting di media sosial.

Fakta itu menunjukkan bahwa brand sudah menuju social video (video yang ditayangkan di media sosial). Hal itu diperkuat dengan kontribusi konten video yang mencapai 21% terhadap total posting an yang dilakukan oleh brand pada Q1 2017. Itu artinya, tumbuh 6% dibandingkan Q1 2016.

#4 Proses Transaksi di Media Sosial

Page: 1 2

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

6 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

22 hours ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

23 hours ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago