Penetrasi e-Commerce 70,6%, CIMB Niaga Hadirkan Octopay

CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, Presiden Direktur CIMB Niaga (kanan) dan Ari Sarker, Co-President South East Asia & South Asia MasterCard dalam peluncuran OctoPay dan Virtual Credit Card di Jakarta, hari ini (21/9).

Berdasarkan hasil riset MasterCard berjudul MasterCard Online Shopping Behaviour Study yang dirilis pada awal tahun dengan 2015, mengungkapkan bahwa penetrasi e-commerce di Indonesia sepanjang tahun 2014 meningkat secara tajam yakni sebesar 70,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya 55,8%. Nilai transaksi e-commerce secara keseluruhan tahun ini juga meningkat 200% sebesar Rp 50 triliun, dibandingkan dua tahun lalu sebesar Rp 23 triliun.

Tak heran jika dalam survei tersebut, aktivitas belanja online merupakan alasan kedua tertinggi dalam penggunaan internet yakni sebesar 18.8%, dimana menerima dan mengirim email masih menjadi aktivitas pertama (22,4%). Jumlah aktivitas belanja online dalam penggunaan internet ini bahkan lebih tinggi dibandingkan aktivitas lain seperti browsing untuk memperoleh informasi (14,8%), membaca berita (11,8%), dan aktivitas lainnya.

Melihat tingginya penetrasi dan peluang tersebut, dengan menggandeng MasterCard Indonesia, September 2015 ini (21/9) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan produk online payment terbarunya OctoPay dan Virtual Credit Card. Dengan OctoPay, CIMB Niaga menawarkan alternatif layanan transaksi perbankan secara online berbasis aplikasi Facebook bagi konsumen e-commerce.

Sementara, Virtual Credit Card merupakan produk khusus hasil kerja sama dari CIMB Niaga dan MasterCard yang memudahkan bertransaksi online lebih aman dan nyaman, karena mampu meminimalisir penyalahgunaan ataupun pencurian data-data kartu kredit yang selama ini menjadi kekhawatiran konsumen saat melakukan belanja online.

Dikatakan Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan, sampai saat ini, dari total 4 juta nasabah CIMB Niaga, 40 persennya secara aktif menggunakan e-banking channel. Selain itu, hingga akhir Maret 2015, sekitar 84,3% dari total transaksi di CIMB Niaga, dilakukan melalui layanan branchless banking seperti CIMB Clicks, Go Mobile, dan Rekening Ponsel.

“Selain sangat berpotensi, saya rasa, produk digital banking adalah masa depan perbankan. Untuk itu, kami tidak berhenti berinovasi, antara lain dengan menghadirkan OctoPay dan Virtual Credit Card untuk melengkapi produk e-banking kami. Kami terus berupaya menjadi customer-centric dengan memberikan customer experience terbaik bagi para nasabah,” tutur Tigor yang menargetkan 50 ribu pengguna OctoPay sampai akhir 2015 ini.

Country ManagerMasterCard Indonesia, Irni Palar mengatakan, “MasterCard berharap dengan hadirnya fasilitas Virtual Credit Card dari OctoPay ini akan semakin mendorong jumlah transaksi elektronik di Indonesia serta mengurangi penggunaan uang tunai yang selama ini masih menjadi alat pembayaran utama, bahkan saat melakukan belanja online.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)