Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) memprediksi bahwa belanja iklan Indonesia pada tahun 2015 lalu menyentuh angka Rp 138 triliun. Sementara itu, Nielsen merilis, hingga September 2015, belanja iklan di televisi dan cetak mencapai Rp 86,2 triliun, dimanaa Rp 62 triliun-nya adalah belanja iklan televisi.
Besarnya “kue” iklan untuk media televisi menyiratkan bahwa di era digital seperti sekarang, rupanya TV Commercial atau iklan televisi masih dinilai efektif untuk mengkomunikasikan brand atau produk ke konsumen Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi pengiklan, termasuk agensi iklan yang merancang kreatif iklan, untuk mengetahui penerimaan konsumen terhadap iklan-iklan yang mereka komunikasikan di media televisi.
Berangkat dari fakta itulah, maka untuk pertama kalinya, MNC Media (MNC Group) menggelar program "Bright Awards Indonesia 2016". Melalui program tersebut, MNC mengapresiasi para insan kreatif di industri periklanan Tanah Air atas karya iklan televisi yang dinilai paling komunikatif. Rencananya, penghargaan tersebut akan menjadi penghargaan tahunan yang digelar oleh MNC Group.
Kanti Mirdiati, Managing Director RCTI, menjelaskan, “Berbeda dengan penghargaan lainnya, seperti Citra Pariwara yang diselenggarakan P3I, Bright Awards Indonesia 2016 dinilai berdasarkan pemirsa yang memang menjadi target audience iklan. Penghargaan untuk karya iklan berdasarkan penilaian pemirsa seperti ini merupakan yang pertama di Indonesia.”
Ditambahkan SVP Programming & Production GlobalTV Hari Martono, mekanisme penilaian untuk 20 kategori penghargaan dibagi dalam dua kelompok, yakni berdasarkan survei dan voting (lewat SMS serta social media Twitter). “Untuk survei, kami melakukan face-to-face interview kepada 1.700 responden dengan usia responden 12-60 tahun, yang aktif menonton TV dalam satu bulan terakhir. Survei dilakukan di 17 provinsi dengan total 47 kota besar dan kecil di seluruh Indonesia pada periode Januari hingga Desember 2015. Untuk survei itu, MNC menggandeng badan survey independent Roy Morgan,” papar Hari, yang menyebutkan bahwa pertanyaan fokus pada top of mind responden.
Istimewanya, 20 kategori yang dihadirkan disesuaikan dengan elemen-elemen yang memang dibutuhkan pengiklan dalam merancang strategi komunikasi mereka di televisi. Sebut saja, elemen jingle iklan, tagline iklan, hingga model iklan yang kerap kali juga menjadi brand ambassador dari produk yang diiklankan. Ke-20 kategori itu antara lain kategori Jingle Iklan, Tagline Iklan, Bintang Iklan Pria, Bintang Iklan Wanita, Bintang Iklan anak, Pasangan Bintang Iklan, Iklan Tema Drama, Iklan Lucu, dan Iklan Korporasi.
Mau tahu siapa saja nominasi yang telah berhasil dihimpun dari survei Roy Morgan? Berikut ini parade nominee “Bright Awards Indonesia 2016”, yang pemenangnya akan diumumkan pada malam penghargaan yang akan digelar secara live di RCTI dan Global TV pada 8 Maret 2016 nanti.
Kategori Jingle Iklan:
Bintang Toedjoe Bejonya Tuh Di Sini
Djarum Coklat
Oreo Dunia Penuh Keajaiban
Indomie Seleraku
Mie Suksess Isi 2
Kategori Tagline Iklan:
Aku dan Kau Suka Dancow
Kopiko Gantinya Ngopi
Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak
Top Kopi, Kopinya Orang Indonesia
Orang Pintar Minum Tolak Angin
Relaxa Permen Wangi Penyegar Mulut
Gudang Garam International, Pria Punya Selera
Kuku Bima Ener-G Rosa!
Rexona Setia Setiap Saat
Yamaha Semakin di Depan
Kategori Bintang Iklan Pria:
Al Ghazali
Aliando Syarief
Iwan Fals
Raffi Ahmad
Sule
Kategori Bintang Iklan Wanita:
Agnes Monica
Cita Citata
Dewi Sandra
Raisa
Syahrini
Kategori Bintang Iklan Anak: Abieza Rizal Calibre Adam...