MIX.co.id - Sepanjang dua pekan pada April 2023, merek air mineral Aerputh telah menggelar inisiatif #LakuinBareng. Inisiatif itu hadir melalui dua kampanye kreatif, yakni iklan billboard yang mencari model untuk iklan Aerputh ( https://mix.co.id/marcomm/news-trend/kampanye-brand-air-mineral-ini-sempat-bikin-heboh-seperti-apa-kreatifnya/) dan aksi flash drop point yang membagikan Aerputh secara gratis kepada sekitar 9.000 orang (https://mix.co.id/marcomm/brand-communication/branding/setelah-teaser-campaign-di-ooh-kampanye-aerputh-kembali-bikin-penasaran-seperti-apa/).
Produk Aerputh adalah salah satu business project dalam pelatihan khusus dari startup edutech Rumah Siap Kerja melalui program SiapUsaha, dimana program ini memberikan wadah bagi setiap calon pengusaha dengan terjun langsung ke lapangan, salah satunya dengan produk Aerputh tersebut.
Inisiatif #LakuinBareng yang dilakukan sepanjang April 2023 itu pun diharapkan dapat memberikan ruang kepada para solopreneur untuk mempercepat proses pembelajaran bisnisnya. Dengan inisiatif itu, masyarakat juga akan lebih sadar keberadaan produk air mineral dalam kemasan yang dijual langsung oleh para solopreneurs. Jadi, inisiatif ini akan membantu solopreneurs untuk langsung merasakan bagaimana menjual dan membuka bisnis hingga bertemu dengan konsumen secara langsung.
Dituturkan Ary Mozta, Head of Marketing and Content of Rumah Siap Kerja, dalam meluncurkan inisiatif #LakuinBareng tidak hanya untuk memperkenalkan dan berjualan Aerputh, tapi juga memikirkan cara bagaimana konsumen dan solopreneurs dapat terhubung.
“Ada beberapa yang kami pertimbangkan, seperti bagaimana cara membangun kredibilitas Aerputh agar dipercaya dan membuat konsumen membeli. Akhirnya, ditemukan jalan terbaiknya adalah mengajak konsumen terlibat langsung dalam perjalanan belajar dari para solopreneurs, dari situlah tercipta #LakuinBareng,” paparnya.
Menurut Ary, inisiatif #LakuinBareng secara filosofinya memiliki makna ganda. Artinya, pihak Rumah Siap Kerja mencoba mengajak konsumen untuk melakukan bersama Aerputh dalam mendukung para solopreneurs untuk merasakan pengalaman belajar berbisnis. Makna lainnya, #LakuinBareng ini juga diharapkan bisa menjadi jalan agar penjualan para solopreneurs ini menjadi laris.
Inisiatif #LakuinBareng lewat business project Aerputh, diakui Ary, berhasil meningkatkan penjualan Aerputh dari para solopreneurs. Terbukti, baru mulai diimplementasikan pada April 2023, namun inisiatif itu sudah berdampak kepada naiknya penjualan Aerputh sekitar 4-5 kali. Hasil ini cukup bagus untuk mendorong semangat para solopreneurs dalam mengembangkan bisnisnya.
“Kami melihat dampak dari inisiatif #LakuinBareng cukup signifikan bagi para solopreneurs. Harapannya, inisiatif ini menjadi titik awal untuk meningkatkan semangat para solopreneurs menjadi 100% untuk bisa menuju kesuksesan,” harapnya.
Lebih jauh ia menjelaskan, setelah sukses dengan inisiatif #LakuinBareng, Rumah Siap Kerja lewat program SiapUsaha akan terus meningkatkan semangat para solopreneurs untuk merintis business project Aerputh dengan cara membuka koneksi lebih luas untuk menjangkau calon konsumen.
Rumah Siap Kerja pun membuka peluang kepada masyarakat, rekan-rekan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan juga pengusaha kuliner untuk bisa melakukan kerja sama atau melakukan kegiatan bersama dengan Aerputh.
“Bagi masyarakat yang ingin mendukung solopreneurs di Rumah Siap Kerja, bisa melakukannya dengan membeli langsung produk Aerputh ke para solopreneurs. Cara mengetahui siapa saja solopreneurs yang tergabung dalam business project Aerputh bisa diketahui lewat website Aerputh.id," ucapnya.
SiapUsaha lewat Aerputh pun berencana untuk mengembangkan komunitas SiapUsaha di berbagai daerah baru sepanjang 2023. Untuk itu, dikatakan Ary, Rumah Siap Kerja juga membuka peluang kolaborasi dengan instansi swasta maupun pemerintah serta masyarakat umum untuk mendukung para solopreneur lainnya.
Rumah Siap Kerja didirikan oleh Sandiaga Uno sejak 2019 dan dipimpin oleh Chief of Executive Officer Roestiandi Tsamanov, yang tidak hanya fokus untuk melahirkan solopreneur baru. Namun, juga memiliki program lainnya selain SiapUsaha, seperti SiapMahir untuk meningkatkan skill yang mendukung pekerjaan atau bisnis, serta SiapKarier yang juga untuk pengembangan karier.