Berbeda dengan momen Ramadhan sebelumnya, Ramadhan tahun ini akan dibayangi dengan Pandemi Covid-19. Kebijakan social distancing, termasuk StayAtHome, demi pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh seluruh pemilik maupun pengelola merek di Indonesia.
Momen Ramadhan yang biasanya diisi dengan kegiatan “ngabuburit”, buka puasa bersama, hingga perjalanan mudik saat Lebaran, dihimbau agar tidak dilakukan. Hal ini demi mendukung kebijakan physical distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.
Oleh karena itu, pemasar dituntut untuk kreatif dalam menaklukkan tantangan tersebut. Mengingat, Ramadhan selalu menjadi fastive season yang mampu meningkatkan pendapatan yang signifikan dibandingan periode regular.
Fenomena itu menginspirasi IM3 Ooredoo untuk merilis kampanye Ramadan bertajuk “Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi”. Kampanye ini merupakan kolaborasi empat musisi muda di Indonesia, yaitu Baskara Putra, Sal Priadi, Kunto Aji, dan Yura Yunita. Kolaborasi itu akan hadir dalam format iklan TV ber-anthem ‘Ramai Sepi Bersama’. Objektif dari kampanye ini adalah untuk menghidupkan semangat optimisme dan harapan bangsa di tengah pandemi yang sedang dialami.
Seluruh proses kampanye Ramadan IM3 Ooredoo, mulai dari pembuatan musik, iklan televisi, hingga materi komunikasi lainnya dilakukan secara remote dari kediaman masing-masing dengan mengandalkan kuota internet serta jaringan Indosat Ooredoo. Dengan demikian, memungkinkan semua pihak untuk berkolaborasi melalui platform chat, video call, dan email. "Kampanye Ramadan IM3 Ooredoo membuktikan bahwa di tengah keadaan sulit sekalipun, semangat kolaborasi untuk berkarya bisa tetap hidup dan menginspirasi kita semua," papar Fahroni Arifin, SVP Head of Brand Management & Strategy Indosat Ooredoo.
Dalam rangkaian kampanye ramadhan "Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi”, IM3 Ooredoo juga menghadirkan paket Freedom Kuota Harian yang memberikan kuota harian dengan harga yang lebih terjangkau. Paket ini dihadirkan untuk memastikan agar setiap harinya konsumen bisa memiliki kuota internet yang cukup untuk bersilaturahmi bersama teman dan keluarga setiap hari. "Selain itu, IM3 Ooredoo juga akan mendonasikan Rp2.000 dari setiap aktivasi paket Freedom Kuota Harian untuk penanganan Covid-19," lanjut Fahroni.
Pelanggan dapat menikmati paket Freedom Kuota Harian dengan masa aktif yang sama dengan jumlah kuota utamanya, mulai dari Rp19.900 untuk kuota 7GB dengan masa aktif 7hari, Rp39.900 untuk kuota 14 GB masa aktif 14 hari, hingga Rp74.900 untuk kuota 28 GB dengan masa aktif 28 hari. "Pelanggan tetap dapat terhubung dengan kuota 1GB per hari, tanpa khawatir pulsa terpotong saat kuota habis karena paket ini dilengkapi dengan benefit Pulsa Safe," pungkasnya.