Bagaimana Merck Memanfaatkan Media Sosial untuk Kampanye Rawan Response Negatif

social media for campaign

Kunci pertama untuk memperoleh manfaat dari kekuatan Facebook adalah menyadari bahwa ketika bergabung dalam seseorangatau lembaga harus siap mendengarkan (dan meresponnya) apa yang dikatakan oleh orang lain tentang dirinya.

Idealnya, dari perspektif pemasaran, media yang diperoleh (earned media) berisi dukungan dari orang-orang yang memiliki pengetahuan, dihormati pelanggan yang bersedia membela merek kita, atau yang dikatakan pihak ketiga yang ahli dan berbagi pengalaman positif mereka serta mempengaruhi orang lain.

Namun satu hal yang perlu disadari adalah bahwa ketika bergabung ke media sosial berarti memberi peluang kepada orang lain mengatakan tentang kita. Yang dikatakan orang lain tentang kita itu seringkali di luar kontrol kita yang kadang-kadang tak terduga.

Ketika bergabung dengan media sosial, seseorang juga harus menyadari bahwa media sosial adalah sarana bagi orang lain, pelanggan atau yang lain yang berkepentingan dengan kita berbagi informasi, dan mengekspresikan pendapatnya.

Orang lain juga memiliki kebebasan untuk melihat atau tidak melihat media sosial kita. Tidak ada yang dapat memaksa orang lain untuk mengunjungi halaman Facebook Anda misalnya atau membuka pesan-pesan yang Anda posting. Anda juga tidak akan bisa membayar untuk mendapatkan tayangan yang Anda inginkan di Facebook.

Bila Anda menginginkan media sosial Anda dikunjungi, Anda harus menciptakan konten yang menarik dan berharga. Mengapa? Karena halaman Facebook bukanlah iklan yang bisa Anda gunakanuntuk mendukung Anda. Sebaliknya, media sosial adalah program yang orang dapat memilih untuk tune ke media sosial dan pesan Anda atau mengabaikannya.

Penelitian-penetian menunjukkan bahwa halaman-halaman media sosial yang paling efektif, selalu dijalankan oleh orang-orang yang memahami bahwa mereka adalah penerbit yang berusaha menarik audiense, bukan pengiklan yang sekadar menyampaikan pesan keluar. Dalam konteks media sosial, audiense adalah orang-orang atau lembaga yang juga memiliki media sosial juga. Merekaberinteraksi dengan orang lain juga melalui media sosialnya.

Orang PR secara alami unggul dalam hal-hal semacam "penerbitan" ini. Seperti dimaklumi media yang diperoleh (earned media) adalah urusan orang-orang PR. Media meliput dan memuat berita yang pesan-pesannya diberikan oleh orang PR untuk menciptakan sebuah cerita yang lebih besar sehingga konsumen tertarik. Merek dapat menjadi bagian fenomena ini dengan menyampaikan pesan merek yang positif, bukan menghindarinya.

Sebaliknya, Anda perlu membuat konten yang membuat mereka datang kembali pada media sosial mereka sendiri dengan membuat mereka berharap untuk melihat postingan Anda di newsfeeds mereka. Ini bisa Anda lakukan dengan memberi mereka sesuatu -- informasi penting -- yang menarik, lucu atau berguna sebagaimana pengiklan atau programer membuat pemirsa ingin menonton kembali acara TV yang ditontonnya atau membeli majalah. Anda harus mendapatkan audiense dengan menginformasikan dan menghibur audiense Anda.

Pingin Punya Anak Crop
Tahun lalu, PT Merck Tbk melalui divisi obat peresepannya, Merck Serono, berinisiatif untuk mensosialisasikan program bayi tabung di Indonesia. Hal itu didasari atas data Badan Pusat Statistik, yang menunjukkan bahwa ada 200.000 pasangan potensial untuk melakukan bayi tabung. Sayangnya, mereka yang melakukan program bayi tabung, justru menyambangi klinik di luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Padahal, di Indonesia sudah terdapat puluhan klinik bayi tabung yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Program ini menjadi bagian dari Marketing PR, lantaran Merck Serono memiliki obat-obatan terkait fertilitas dan bayi tabung. Merck Serono menyasar target pasangan usia subur 25-40 tahun yang sudah 1 tahun menikah dan belum mempunyai anak, serta pasangan usia subur yang sudah memiliki 1 anak namun kesulitan untuk memiliki anak ke-2.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)