Seiring dengan demam social media seperti Facebook dan Twitter, ternyata setahun belakangan ini, netizen Indonesia juga tengah “kecanduan” mobile messaging. Diawali dengan kehadiran Line, kini We Chat dan Kakao Talk pun turut menyusul masuk pasar Tanah Air.
Tak tanggung-tanggung, ketiganya rela menggelontorkan dana besar untuk berkmapanye di televisi dan media lainya, demi memperebutkan hati para pengguna data di Indonesia. Bahkan, ketiganya juga menggandeng artis Indonesia sebagai brand ambassador-nya.
Line dari Korea umpamanya, menggandeng artis cantik Maudy Ayunda sebagai brand ambassador sekaligus bintang iklannya. Sementara We Chat asal Cina, memilih menggandeng MNC Group dan artis Gisele sebagai bintang iklannya. Si bungsu Kakao Talk, yang belakangan iklannya paling gencar, menduetkan Sherina Munaf dan boyband Korea BIGBANG dalam kampanye iklan televisinya.
Kakao Talk.
Disulut agresivitas Kakao Talk dan We Chat, Line justru makin agresif. Menurut General Manager Line Business Office Simeon Cho, pasar Indonesia sangat penting bagi Line. Itu sebabnya, sejak 2012
lalu, Line memutuskan untuk agreasi menggarap pasar Indonesia.
“Penetrasi internet dan smart phone sangat tinggi. Termasuk, pengguna social media-pun tumbuh pesat. Ini terbukti, sejak tahun 2012 lalu pertumbuhan user Line di Indonesia tercatat tinggi,” terang Simeon, yang enggan menyebut jumlah pengguna Line saat ini.
Sejumlah kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lokal dilakukan Line. Diantaranya, dengan Samsung Indonesia lewat road show di beberapa sekolah dan kampus di sejumlah kota di Indonesia. Termasuk, bekerja sama dengan Telkomsel pada Ramadhan tahun 2012 lalu. “Kami berpartisipasi dalam event tersebut, guna menciptakan experience terhadap Line,” lanjutnya.
Sementara itu, selain menggunakan Maudy Ayunda (pemeran film “Perahu Kertas”–red) sebagai Brand Ambassador, Line juga memiliki fitur yang disebut “Official Account”. Fitur tersebut memberikan kesempatan kepada user untuk berinteraksi langsung dengan idolanya. Tak kurang dari enam artis Indonesia yang sudah digandeng dan memiliki official account Line. Mereka adalah Bunga Citra Lestari, Afgan, Maudy Ayunda, Nidji, NOAH, dan Pee Wee Gaskins.
“Selain artis Indonesia, di Official Account Line ada juga artis-artis Korea yang tengah happening di Indonesia, antara lain, 2AM, 2PM, Lee Min Ho, dan sebagainya,” kata Simeon menambahkan, yang mengakui Official Account milik para selebritis tersebut sangat efektif dalam memelihara loyalitas user di Indonesia.
Jika Line punya fitur Official Account sebagai salah satu andalannya, Kakao Talk menawarkan asing fitur Plus Friend sebagai unggulannya. Melalui fitur Plus Friend, pengguna bisa berkawan dengan artis, brand, atau media favorit mereka. Hanya perlu menekan tab Plus Friend, pengguna tinggal memilih 'teman spesial' yang mereka inginkan. Dari sini, pengguna bisa mendapatkan update terbaru serta konten eksklusif Plus Friend yang dipilihnya.
“Dirancang untuk menjadi saluran pemasaran mobile bagi perusahaan dan penyedia konten, artis, brand, atau media yang digandeng menjadi Plus Friend, maka mereka bisa mendekatkan diri dengan fans atau customer,” ungkap Co-CEO Kakao Talk Sirgoo Lee, yang meyakini bahwa fitur Plus Friend bisa menjadi salah satu sumber mendulang keuntungan e-commerce.
Sirgoo mengaku, saat ini pendapatan KakaoTalk tercatat masih kecil. Kakao Talk baru mulai serius memikirkan sumber keuntungan sejak tahun 2012 lalu, persisnya setelah sukses memancing pengguna dengan game pada Agustus 2012.
Menjajaki pasar Indonesia pada akhir Maret 2013, Kakao Talk pun menerapkan model bisnis yang sama. Mereka antara lain bekerjasama dengan merchant seperti Groupon Indonesia, Pizza Hut, Face Shop. "Mitra kami di Indonesia masih sedikit. Baru sekitar 20-30 mitra. Kalau di Korea kami sudah punya 260 mitra. Dengan user base yang terus bertumbuh, kami juga tentunya akan menambah mitra," target Sirgoo.
Yang menarik, Kakao Talk mempertemukan dua bintang berbakat dan ternama Indonesia dan Korea, Sherina Munaf dan BIGBANG dalam tayangan iklan televisi Kakao Talk di Indonesia. Belum tuntas, Kakao Talk pun merilis lima video di balik layar dari syuting video BIGBANG di laman website Kakao Talk untuk Indonesia www.kakaotalk.co.id mulai 29 Maret lalu, yang selanjutnya disusul dengan video dari Sherina.
Selain memanfaatkan TVC, Kakao Talk juga menggunakan radio spot, cinema Ad, LED Ad di depan Plaza Senayan, dan building sticker di Plaza Semanggi. Hasilnya, dalam tempo 1-2 minggu kampanye, Kakao Talk menjadi top down load nomor satu untuk free application.