MIX.co.id - Seiring dengan perubahan perilaku konsumen, industri periklanan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dalam beberapa tahun terakhir, industri periklanan banyak berfokus pada keyword, impresi, dan sebagainya, yang mampu membangun consumer engagement.
Berangkat dari fakta itu, baru-baru ini, MGID sebagai pelopor global dalam native advertising, memperkenalkan Safety Ranking, sebuah pendekatan periklanan yang sudah teruji di berbagai negara di mana MGID beroperasi.
“MGID menjadi platform iklan pertama yang memperkenalkan konsep Safety Ranking untuk Indonesia. Salah satu pilar utama bisnis kami adalah komitmen untuk menjaga kualitas iklan. Dengan Safety Rankings, kami mendukung mitra kami dalam mencapai ROI (Return of Investment) tinggi melalui konten iklan yang bernilai, bersih, aman, dan menyediakan pengalaman pengguna yang sangat baik,” papar Moch. Rifki, Head of Publisher Development MGID Indonesia & Malaysia.
Lebih jauh ia menerangkan, dalam lima tahun terakhir, konten native advertising berkembang dengan pesat, di mana jumlah pengeluaran untuk native advertising meningkat tiga kali lipat dan click through rate (CTR) meningkat dua kali lipat dibanding iklan display tradisional. Hal ini menjadikan native advertising sebagai pilihan utama bagi pengiklan yang ingin membangun engagement dengan konsumen.
Kelebihan utama native advertising terletak pada kemampuannya dalam membaur dengan konten sekitarnya atau media tempat iklan tersebut ditampilkan. Di sisi lain, kualitas native advertising menjadi hal penting dalam mendorong konsumen untuk merespon pesan dalam iklan tersebut.
Guna memberikan pengalaman positif bagi pengguna, MGID memperkenalkan Creative Safety Ranking, atau peringkat keamanan kampanye yang mengidentifikasi benda dan kampanye mana yang bisa diterima di seluruh jaringan publisher iklan. Peringkat keamanan ini dapat membantu menyingkirkan kampanye-kampanye berkualitas rendah.
"Keamanan menjadi kata kunci dari fitur ini. Setelah sebuah kampanye dinilai baik, maka isi dari kampanye itu akan dinilai aman untuk dilihat, baik dari sisi peraturan maupun konten dan teknis. Semakin tinggi nilai atau peringkat keamanannya maka semakin tinggi skalabilitas dari kampanye iklan tersebut di seluruh jaringan," katanya.
Dengan menggunakan sistem peringkat keamanan ini, para publisher dapat menjaga agar platform mereka tetap bersih dan menguntungkan, menghasilkan kualitas lebih, dan memberikan pengguna pengalaman terbaik dan konten yang sesuai. Creative Safety Ranking membantu menyeimbangkan kebutuhan bisnis publisher dan pengiklan dengan kebutuhan pengalaman pengguna konsumen.
“Creative Safety Rankings membantu penerbit meningkatkan kualitas konten iklannya dengan memahami apa yang dihargai oleh konsumen, dan yang lebih penting, memberi imbalan kepada publisher yang meningkatkan kualitas. Jika diterapkan secara penuh, iklan dengan Safety Rank tinggi akan memberikan jangkauan yang lebih luas bagi pengiklan. Di sisi lain, platform MGID membantu penerbit dalam menawarkan pengalaman feed terbaik yang disesuaikan dengan penggunanya. Digabungkan dengan algoritme rekomendasi konten pintar dari MGID, Safety Ranking memastikan bahwa platform MGID merekomendasikan konten yang paling relevan dan berkualitas kepada setiap pengguna,” pungkas Rifki.