Categories: Brand Communication

PERTARUNGAN SENGIT DI PASAR JASA INTERNET PROVIDER

Ketiga, menyangkut layanan after sales service harus prima. Pemain harus cepat tanggap terhadap komplen atau ketidakpuasan yang muncul. Ini penting mengingat pelanggan internet merupakan individu yang sangat terkoneksi dengan media social sehingga kalau komplain tidak bagus akan cepat menjadi viral negatif. Selain itu, banyak ulasan atau forum yang membahas tentang penyedia layanan. Karena layanan internet termasuk produk yang dibeli dengan perencanaan, maka banyak orang akan searching dulu di internet menyangkut pilihan-pilihan atau rekam jejak kinerja para provider.
Nah, kalau e-WOM (Word of Mouth di internet) suatu penyedia layanan dinilai buruk, maka orang bisa membatalkan niat berlangganannya. Ini bisa dipahami karena pelanggan tidak mau ribet setelah pasang kemudian kecewa. Karena, keputusan pembelian ini tergolong digunakan jangka panjang.
Keempat, paket berlanggan yang panjang akan mampu membuat ikatan lebih kuat. Artinya, paket-paket yang ditawarkan lebih baik dibuat dalam rentang jangka waktu yang lebih panjang dengan tawaran harga yang menarik. Kalau orang sudah langganan katakan satu tahun, maka mereka lebih terikat dibanding sifatnya hanya langganan bulanan. Namun, sekali lagi ini harus didukung dengan kinerja dan reliabilitas yang andal.
Kelima, strategi dengan masuk kawasan termasuk memanfaatkan captive market yang jelas. Apa yang dilakukan MyRepublic merupakan contohnya. MyRepublic yang menggandeng Sinarmas Land membuat provider ini memiliki hak eksklusif sehingga otomatis menghalangi masuknya pesaing. Cara ini tentu efektif sehingga pelanggan tidak memiliki banyak pilihan. Namun demikian, sekali lagi mutu yang ditawarkan juga harus mumpuni.
Lantas, siapa yang berpotensi memenangkan persaingan? Sebenarnya, siapa yang akan menang tergantung pada kelima cara di atas. Beberapa pemain yang baru seringkali direspon bagus saat awal, namun begitu base pelanggannya besar, masalah muncul dengan kecepatan dan kehandalan koneksi layanannya.
Sebagai contoh beberapa waktu lalu, salah satu merek sangat direkomendasikan oleh para pelanggan. Namun begitu beberapa bulan setelah base pelanggannya besar, mulai ada penurunan performance yang dirasakan oleh pelanggan dan mulai muncul keluhan. Nah, kalau kemudian masuk provider baru yang jumlah base pelanggannya masih sedikit sehingga performance-nya bagus akan direspon cepat. Jadi, );?menjaga kekonsistenan performance harus dilakukan oleh setiap provider. * (dwi)

Page: 1 2 3 4 5Lihat Semua

Dwi Wulandari

Recent Posts

Bibit.id Tampilkan “The Bouquet: Fall, Grow” di Art Jakarta Gardens 2024

MIX.co.id – Aplikasi investasi digital, PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) dan Stockbit, mendukung Art Jakarta…

3 days ago

Yasmine Riechers Jabat CEO Georg Neumann GmbH

MIX.co.id – Yasmine Riechers akan menjadi Chief Executive Officer (CEO) baru Georg Neumann GmbH, produsen…

3 days ago

Gandeng Vidi Aldiano, Shopee Luncurkan Program “Garansi Tepat Waktu”

MIX.co.id - Shopee meluncurkan inovasi dan program terbarunya melalui Garansi Tepat Waktu. Dihadirkan sejak pertengahan…

3 days ago

Partisipasi di “Hannover Messe 2024”, PIS Beberkan Strategi Perusahaan untuk Dekarbonisasi

MIX.co.id - Dekarbonisasi menjadi salah satu fokus Pertamina International Shipping (PIS) dalam beberapa tahun terakhir.…

3 days ago

Didimax Bagikan Tips Sukses Menjadi Trader, Apa Saja?

MIX.co.id - Perusahaan pialang berjangka Didimax percaya bahwa edukasi atau belajar adalah kunci untuk mencapai…

3 days ago

CIMB Niaga Libatkan Media di Program Literasi Keuangan dan CSR

MIX.co.id - Bank CIMB Niaga menggelar Halalbihalal dan Silaturahmi bersama Media, pada hari ini (24/4),…

3 days ago