Pola Komunikasi Konsumen pada Ramadhan dan Lebaran 2020

Kebijakan Work From Home (WFH) selama masa Pandemi Covid-19, ternyata memicu pertumbuhan penggunaan data. Menurut catatan PT XL Axiata Tbk. sebagai salah satu operator selular terbesar di Indonesia, sepanjang periode bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, telah terjadi kenaikan trafik 15% setiap minggunya. Sementara itu, kenaikan trafik data untuk periode 16-31 Maret 2020, mencapai 18%.

Dikatakan Plt Chief Techology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, pola pemakaian data sepanjang Covid-19 oleh pelanggan XL, didominasi oleh streaming (66%). Selanjutnya, disusul dengan instant messaging seperti WhatsApp dan Line (16%), sosial network seperti Facebook, Instagram, dan Twitter (11,5%), dan sisanya 6,5% untuk file access, video conference, Voip, dan online shopping.

"Dari total streaming tersebut, 64% untuk streaming video, 1,5% untuk games, 0,4% untuk movie, 0,1% untuk musik. Streaming digunakan pelanggan untuk membunuh kejenuhan sekaligus hiburan selama pelangga berada di rumah," paparnya pada momen live press conference yang digelar siang ini (22/4).

Catatan menarik lainnya yang penting dicermati adalah pola mudik Lebaran. Tahun 2019 lalu, pelanggan Jabodetabek yang mudik mencapai 16%. Lebaran tahun ini, diperkirakan 65% pelanggan XL lebih memilih mudik di rumah. "Bahkan, pada periode WFH, trafik di Jabodetabek turun 4%, karena mereka memilih mudik lebih awal," ujar Gede, yang menyebutkan Capex XL hingga akhir tahun 2020 ini tidak ada perubahan, yakni mencapai Rp 7 triliun.

Lantas, bagaimana dengan pola Lebaran tahun ini? Dijawab Gede, pola pelanggan mudik masih akan sama dengan tahun 2019 lalu. "Hanya saja, dari total jumlahnya akan berkurang drastis. Prediksi kami, pelanggan XL yang memilih tetap mudik pada Lebaran tahun ini hanya 24%. Untuk mengantisipasi mudik atau lebaran di rumah, maka kami akan memperkuat jaringan data di residensial dan rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, XL memprediksi, pada Lebaran 2020 akan terjadi kenaikan voice sebesar 5% dan data sebesar 15-20%. Sementara SMS diprediksi tetap stabil atau tidak terjadi peningkatan. Sementara itu, aplikasi yang diprediksi naik selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini adalah layanan berbasis streaming untuk menunjang video conference dan video call, seperti WhatsApp Video Call, Zoom, Skype, hingga Google Duo. Aplikasi lainnya yang juga naik adalah instant messaging dan social media, games, dan music streaming.

Tiga Strategi XL di Ramadhan Tahun Ini

Tiga strategi sudah disiapkan XL untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Dikatakan Group Head Customer & Brand Experience XL Axiata Frinzy Zulkarnain, tiga strategi yang XL kedepankan pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini adalah kesiapan jaringan dan tim; menghadirkan produk, promosi, dan program digital selama Ramadhan dan Lebaran; serta menggelar bantuan bagi masyarakat dan partner.

Untuk memperkuat jaringan, ditambahkan Frinzy, XL akan melakukan penambahan jangkauan dan kapasitas, penambahan fiberisasi, upgrade core system data dan upstream, serta modernisasi jaringan ke 4G. Sementara untuk tim, XL akan menghadirkan team monitorong standby 24 jam serta tim lapangan yang dilengkapi surat tugas dan terkoordinasi.

Selanjutnya, untuk produk, promosi, dan program digital, XL masih akan menghadirkan program Gratis Akses data 2GB per hari lewat aplikasi, kampante #TerusSebarKebaikan di media sosial, paket ramadan, hingga aneka promo menarik untuk XL, Axis, XL Home, dan XL Prioritas.

Dalam rangkaian bantuan bagi masyarakat dan partner, lanjut Frinzy, XL menyediakan mobile BTS di sejumlah rumah sakit yang merawat pasien Covid-19, menyalurkan dana ke BNPB dan PMI, memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), XmartDonasi untuk tenaga medis, paket lebaran untuk pekerja informal, menghadirkan XL Axiata Mudik Virtual untuk retail outlet dan keluarga. Total bantuan yang dikeluarkan XL mencapai lebih dari Rp 100 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)