Tante Ernie dan Mbah Minto pun Mampu Menciptakan Kampanye Viral, Apa Kuncinya?

Pandemi Covid-19 telah memicu pemasar untuk kreatif dalam merancang kampanye komunikasi merek mereka. Maklum saja, himbauan untuk tetap di rumah dan physical distancing telah membuat masyarakat melakukan berbagai hal secara online.

Dampaknya, semua brand melakukan kampanye komunikasi melalui kanal digital. Belum lagi, setiap individu yang rajin mem-posting konten melalui media sosial mereka. Alhasil, ribuan bahkan jutaan konten tersebar melalui berbagai platform digital.

Fakta ini tentu saja menjadi tantangan pemasar dalam merebut hati pemirsa di rumah. Alih-alih konten komunikasi tidak kreatif dan stand out, maka jangan harap pesan merek akan menempel erat di benak konsumen.

Di tengah berserakan konten kreatif di aneka platform digital, dalam beberapa pekan terakhir, ada sejumlah kampanye komunikasi brand yang tengah viral. Tak hanya di platfom media sosial, kampanye komunikasi tersebut juga viral di WhatsApp Group. Lantaran, kontennya yang dikemas jenaka sekaligus memanfaatkan endorser yang tengah "naik daun".

Kampanye viral ini antara lain datang dari brand-brand milik Garudafood dan Bintang Toedjoe. Garudafood misalnya, memilih Tante Ernie sebagai salah satu endorser untuk kampanye brand Chocolatos Lava. Dalam salah satu unggahan video di akun @hotmanparisofficial, Tante Ernie memutuskan untuk membuat Chocolatos Lava Cake, untuk kemudian dikirimkan ke Hotman Paris, pengacara kondang yang tengah naik daun.


Sebelumnya, tante Ernie memang digambarkan sebagai perempuan seksi yang viral, karena lebih memilih Hotman Paris ketimbang Ariel Noah. Story board kampanye Chocolatos Lava pun dikemas layaknya kelanjutan kisah dari Tante Ernie yang lebih memilih Hotman, dengan menghadiahkannya cake buatannya yang terbuat dari Chocolatos Lava.

Hotman pun menjawab kiriman cake itu dengan memuji Tante Ernie. "Hotman Paris di rumah tapi serasa di kafe. Saya dapat kiriman chocolatos lava cake dari wanita cantik pemersatu bangsa, tante Ernie. Tante Ernie kasih perhatian buat saya, sengaja masak di rumahnya, dikirim ke rumah saya. Super nikmat, si Ernie yang sangat cantik ternyata kasih perhatian buat hotman paris," katanya sambil memakan chocolatos cake buatan Tante Ernie.

Dikatakan Ferry Haryanto, Direktur Marketing Garudafood, kampanye Chocolatos Lava ini merupakan Viral Project yang hanya tayang di kanal digital. Objektif dari kampanye ini adalah viral. "Sebenarnya Viral Project ini sudah lama kami lakukan. Contohnya, untuk Chocolatos Lava, kami lebih dulu menggunakan endorser mahasiswa," katanya.

Paling anyar, Garudafood menggandeng dua mahasiswa Bimo dan Putri yang juga seorang dubber untuk mengkampanyekan aneka produknya, seperti Kacang Garuda, Chocolatos, Gery, Garuda Pilus, dan Coklat Dilan, yang notabene telah diekspor ke mancanegara. Mengusung tema Tagline Bilingual", Bimo dan Putri mengucapkan tagline dari brand-brand tersebut dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Kampanye ini, lagi-lagi kembali viral di kanal digital dan banyak di share di WhatsApp Group.

Sementara itu, Bintang Toedjoe melalui produk masuk anginnya Bejo, menggandeng Mbah Minto, nenek berusia 70 tahun dari Klaten. Bintang Toedjoe memilih Mbah Minto sebagai endorser Bejo untuk kampanye digitalnya, yang selanjutnya dikemas lewat konten jenaka.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)