Brand Insight

MODENA: INOVASI DAN PENCAPAIAN DIGITAL

Sebagai ikon elektronik rumah tangga Indonesia sejak 1980, Modena membuktikan komitmennya dalam kualitas dan inovasi, tercermin dari prestasi digitalnya dalam data Ripple10.

.

.

Dikenal sebagai brand peralatan elektronik rumah tangga, Modena memulai kegiatan pemasarannya di Indonesia sejak tahun 1980-an. Kemudian pada tahun 2017, operasional perusahaan diperluas melalui PT. MODENA Forma Indonesia dengan menambahkan aktivitas perakitan dan pengendalian mutu produk ke dalam kegiatannya.

Selain menyediakan semua kategori barang untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga, Modena juga memiliki desain yang pintar dan menarik pada setiap produk yang ditawarkannya. Desain produk ini dibuat minimalis namun tetap mempertahankan nilai kecanggihannya sehingga tetap relevan bagi konsumen. Salah satu kategori yang paling populer adalah kompor tanam yang menjadi market leader.

Sebagai pemain lawas, brand Modena sangat familiar di benak konsumen Tanah Air. Para netizen mengapresiasinya mellaui konten-konten menarik di platform sosial media. Salah satunya Satelit 99 Mesintronik yang mengunggah konten berjudul “Review Kompor Portabel Modena Edisi Disney Series” di kanal YouTube, meraih 476 Views. Di ajang Indonesia Local Brand 2024 Netizen Choice, Modena meraih total indeks 94,56 untuk kategori kompor listrik (electric stove).

Pengukuran dan pemeringkatan brand engagement ini dilakukan terhadap merek-merek yang meraih penghargaan Indonesia Original Brand dari Majalah SWA pada 2023. Data crawling untuk monitoring kinerja brand engagement dilakukan selama setahun, yaitu Januari-Desember 2023.

Pengukuran brand engagement dilakukan dengan menggunakan Ripple10 Digital Listening Tools, Social Media Monitoring (terhadap official account Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube), dan pemantauan akun Website masing-masing brand.

Modena, sebagai merek lokal yang telah mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia, tampaknya menunjukkan performa digital yang mengesankan berdasarkan data terkini dari Ripple10. Produk terbaru dari Modena, yaitu Purifier Hood Series, telah menjadi topik pembicaraan yang signifikan di jagat digital, dengan menerima sebanyak 10 sebutan.

Lebih detail lagi, analisis sentimen menunjukkan bahwa 40% dari sebutan tersebut bersifat positif. Ini mencerminkan persepsi yang sangat baik dari pengguna dan pengamat industri terhadap seri Purifier Hood dari Modena.

Dengan reach yang mengagumkan sebesar 726.408, Modena tidak hanya menjangkau audiens yang luas, tetapi juga berhasil memicu interaksi yang signifikan, yang ditandai dengan 102 engagement. Jumlah ini menunjukkan bahwa konten terkait produk ini tidak hanya terlihat, tapi juga mampu menarik partisipasi aktif dari komunitas online.

Penyebutan dari 9 author yang berbeda mengindikasikan bahwa produk Modena ini telah berhasil menarik perhatian dari berbagai kalangan, dari pengguna individu, reviewer, hingga influencer di dunia maya. Fakta ini menegaskan bahwa Modena sebagai merek lokal memiliki daya tarik dan kredibilitas di mata publik.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Sipetek Food, Sukses Manfaatkan Komoditas Lokal

MIX.co.id – Menjalankan bisnis dengan memanfaatkan potensi dan komoditas lokal, inilah yang banyak dilakukan para…

1 hour ago

Pajak.io Suguhkan Solusi Perpajakan bagi Korporasi

MIX.co.id – Sistem perpajakan yang kompleks kerap menjadi tantangan bagi korporasi untuk memenuhi kewajiban pajak…

3 hours ago

Ekonomi Keberlanjutan dan ESG Jadi Fokus Bahasan di “DBS Asian Insights Conference 2024”

MIX.co.id - Bank DBS Indonesia kembali menggelar “DBS Asian Insights Conference 2024”. Digelar pada hari…

3 hours ago

Indomilk Steril Luncurkan Kampanye Pemasaran Berbasis AI, Seperti Apa?

MIX.co.id - Saat ini, tak sedikit pemasar di Tanah Air berlomba-lomba memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence…

4 hours ago

Panasonic Gobel Tahun 2024 Targetkan Growth 102%

MIX.co.id – PT Panasonic Gobel Indonesia berhasil memperkuat posisinya di pasar elektronik Tanah Air. Hal…

4 hours ago

Kupas Tuntas “Membangun Bisnis yang Tangguh” di Grab Business Forum 2024

MIX.co.id - Program tahunan Grab Business Forum kembali digelar Grab Indonesia. Digelar pada pertengahan Mei…

5 hours ago