2017, SHARP Makin Serius di Kanal Digital

Di tengah menurunnya industri elektronik Indonesia, yakni minus 2,7% di tahun 2016 lalu, PT SHARP Electronics Indonesia masih dapat bertumbuh di atas 2%. Akibatnya, market share SHARP juga turut terkerek, menjadi 19,6% di akhir tahun lalu. Dengan pencapaian itu, SHARP pun masih memimpin pasar mesin cuci dengan market share 25-28% serta lemari es.

Meski tahun lalu pertumbuhan SHARP tercatat masih tipis, namun perusahaan asal Jepang itu optimistis tahun 2017 ini akan lebih membaik. Oleh karena itu, untuk mengawali tahun ini, SHARP melancarkan sejumlah strategi guna mendongrak kinerja merek maapun penjualannya.

Langkah pertama adalah SHARP meluncurkan slogan ‘Be Original’. Dikatakan Haruhiko Sano, General Manager Brand Strategy Group PT SHARP Electronics Indonesia, slogan tersebut menjadi pemicu perusahaan untuk menjadi merek global yang inspiratif. ‘Be Original’ nantinya akan tampil dalam kampanye merek global SHARP di masa yang akan datang dan berfungsi sebagai komitmen baru perusahaan untuk konsumen setianya di seluruh dunia.

“Di bawah struktur manajemen baru, SHARP akan terus meningkatkan kinerja dan mengembangkan bisnisnya sampai dengan lebih dari 100 tahun ke depan tanpa melupakan akar sejarah pendiriannya. Slogan ‘Be Original.’ di anggap mampu mewakili sejarah SHARP dan menjadi tonggak sejarah bagi kebangkitan SHARP yang baru,” tegas Sano.

Bagaimana dengan Indonesia? Dijawab Sano, SHARP telah menyiapkan beberapa strategi untuk meningkatkan citra merek dan volume penjualannya. Antara lain, makin serius memanfaatkan kanal digital untuk kampanye pemasaran maupun penjualan. Untuk itu, SHARP juga akan aktif menyasar anak muda sebagai upaya meningkatkan market share-nya. “Kami akan menggelar brand activation bertajuk 'SHARP INFINITY Road Show, Live Your Life'. Ini adalah sebuah kegiatan pameran dengan konsep yang unik dan penuh nuansa anak muda yang kekinian,” lanjutnya.

Sejalan dengan karakter anak muda yang sangat akrab dengan digital, maka SHARP juga memanfaatkan kanal digital untuk strateginya di tahun ini. Salah satunya, dengan memproduksi web series berjudul ‘Shield of Love’, yang sudah mulai tayang per tanggal 23 januari 2017. Web series yang tayang di youtube dan media sosial itu dibintangi oleh Donna Agnesia dan Darius Sinatrya.

Masih di lini digital, SHARP juga akan meningkatkan kanal e-Commerce untuk strategi penjualannya. Menurut Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia, saat ini SHARP telah menjalin sejumlah kerja sama dengan beberapa toko online di Indonesia.

“Selama tahun 2016, penjualan melalui kanal e-Commerce memberikan kontribusi sebesar 1-2 persen. Menurut data yang kami dapat dari iDea, Asosiasi E-commerce Indonesia, pertumbuhan perdagangan elektronik di Indonesia di tahun 2017 akan tumbuh sebesar 122 persen. Ini memperlihatkan adanya peluang yang cukup menggiurkan untuk digarap,” kata Andry.

Oleh karena itu, SHARP pun akan membuat produk-produk yang berbeda untuk membedakan pasar offline dan online. Misalnya, dengan membesarkan kategori small home appliances. “Dengan demikian, masing-masing kanal akan memiliki kelebihan untuk ditawarkan kepada konsumen,” yakin Andry.

Selain itu, di tahun 2017, SHARP juga akan meningkatkan pelayanan purna jualnya dengan menambah kantor servis di beberapa titik. Termasuk, menawarkan waktu garansi yang lebih lama, seperti garansi 10 tahun untuk kompresor AC, 3 tahun untuk LED TV, 5 tahun untuk motor, dan 10 tahun untuk kompresor lemari es. “Langkah ini menunjukkan jika produk SHARP memang memiliki kualitas yang bagus, karena kami berani memberikan garansi yang lebih lama,” tutup Andry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)