Saat ini, digital atau online menjadi salah satu saluran komunikasi yang mau-tidak-mau harus dimanfaatkan oleh pemasar. Mengapa? Karena, mayoritas orang, kini tak pernah bisa lepas dari gadget mereka—terutama telepon selular atau smartphone.
Namun, perlu diingat, pertarungan memperebutkan hati audience di media online tidaklah mudah. Begitu banyak pesan dan bentuk pemasaran konten (content marketing) yang ditawarkan oleh aneka brand. Oleh karena itu, content marketing yang berkualitas, kreatif, dan strategis-lah yang mampu menyedot perhatian audience.
Berikut ini, sejumlah tips yang dapat digunakan pemasar dalam merancang content marketing yang efektif di media online, baik efektif dalam membangun brand awareness maupun membangun kepercayaan (trust).
Content Marketing Membangun Brand Awareness
Mengekspos brand melalui content marketing adalah cara yang bagus untuk membangun brand mindshare. Mindshare adalah jumlah buzz atau viral yang dihasilkan dari produk atau layanan Anda. Semakin tinggi mindshare bisnis yang Anda miliki, maka akan semakin banyak yang tertarik pada bisnis Anda, alias semakin banyak juga prospek bisnis Anda. Untuk mencapai brand awareness plus brand mindshare yang tinggi, para pemasar dapat melakukan dua hal ini.
#1 Rutin Membuat Konten yang Terkait Kebutuhan Pelanggan
Konten pemasaran pada media digital tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya, Anda mungkin dapat menulis dan memposting blog dengan isu-isu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan; meringkas event-event terkait industri Anda; menulis tutorial produk sebagai panduan; menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana melayani pelanggan melalui studi kasus; hingga menulis ulasan dalam bentuk demo produk atau video.
#2 Mendorong Audience untuk Berkomentar dan Berbagi Konten
Jika Anda ingin komentar dan sharing terjadi secara organik, maka Anda harus membuat audience Anda berguna. Jangan juga lupakan tentang bagaimana mereka akan mengkonsumsi konten Anda pada perangkat mobile. eMarketer melaporkan bahwa akan ada lebih dari 2 miliar pengguna smartphone di 2016. Smartphone adalah perangkat paling popular kedua yang digunakan untuk mencari informasi via web. Oleh karena itu, pemasar dituntut untuk menghasilkan konten yang mudah untuk dilihat pada perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. Pastikan website Anda juga dapat dengan mudah dibuka di telepon seluler, sehingga mereka akan memiliki pengalaman yang positif.
Content Marketing Membangun Trust
Membuat konten yang relevan mampu meningkatkan kepercayaan antara perusahaan dan pelanggan. Ada tiga hal yang dapat dilakukan pemasar, terkait content marketing yang mampu membangun trust pelanggan.
#1 Jangan Hanya Bicara Produk
pemasaran konten tak boleh hanya bicara produk sendiri. Sebaliknya, konten dapat dikemas dengan cara membandingkan teknologi produk Anda dengan kompetitor. Pemasar juga dapat menulis tentang keadaan industri yang digeluti pelanggan. Termasuk, berbagi tips yang berguna untuk mereka.
#2 Jangan Alergi dengan Kompetisi
Sebagai wujud kejujuran, pemasar harus mampu mengakui adanya kompetisi. Artinya, ada kalanya produk pesaing Anda lebih baik dari produk Anda. Oleh karena itu, melalui pemasaran konten, maka biarkan orang tahu bagaimana dan mengapa bisa demikian. Dengan begitu, prospek pelanggan dan Google akan menghargai hal itu, hingga berujung pada terciptanya trust—lantaran kejujuran brand.
#3 Jangan Takut Bicara Harga
Kejujuran Anda akan membangun kepercayaan pelanggan maupun calon pelanggan, termasuk jika produk Anda dinilai paling mahal dari sisi harga. Sejatinya, memberikan informasi mendalam tentang posisi perusahaan Anda secara transparan akan meningkatkan reputasi online Anda. Anda pun akan melihat penjualan sebagai hasilnya. (Sumber: www.Business2Community.com)