Agar Press Tour Menjadi Program PR yang Strategis

Ada banyak cara yang dilakukan praktisi Public Relations (PR) dalam mencapai sejumlah target perusahaan yang terkait dengan marketing. Mulai dari menghelat press conference dengan memberikan pengalaman yang berbeda sekaligus unik, jemput bola dengan mengunjungi markas berbagai media alias media visit, hingga melakukan press tour dengan mengunjungi pusat produksi (factory visit) maupun menyambangi kantor pusat yang berada di luar negeri.

LG Press Tour, salah satu program PR LG global LG Press Tour, salah satu program PR LG global

Press tour dengan menyambangi kantor pusat yang berada di luar negeri tentu saja membutuhkan bujet PR yang tidak sedikit. Biasanya, program tersebut menjadi program perusahaan multinasional guna mencapai sejumlah target khusus yang dipatok kantor pusat terhadap negara-negara yang dianggap sebagai potensial market.

Agar bujet PR untuk menggelar press tour tidak terbuang percuma alias efektif, maka diperlukan perencanaan yang matang dalam mengoptimalkan press tour sebagai bagian program PR yang strategis. PT LG Electronics Indonesia misalnya, menjadikan press tour sebagai program PR tahunan untuk membangun persepsi sekaligus mengedukasi produk-produk teranyar mereka di tahun depan.

Awal Desember 2014 ini, perusahaan asal negeri gingseng itu, mengudnang tak kurang dari 11 media untuk mengunjungi markas pusatnya di Korea. Kesebelas media tersebut berasal dari media televisi, harian nasional, majalah bisnis, portal berita, hingga media-media yang mengupas lifestyle maupun menyasar segmen wanita.

Ya, dalam rangkaian kegiatan LG Press Tour tahun ini, LG pusat memang tengah mengkampanyekan produk-produk andalan home appliances-nya, smart home appliances solutions, yang telah diluncurkan awal tahun 2014 ini di Korea. Produk-produk tersebut, sejatinya siap diluncurkan di sejumlah negara, Indonesia salah satunya. Persepsi sebagai perusahaan yang mengedepankan smart solution melalui produk-produk yang berbasis teknologi terkini, berdesain premium, serta heamt energy, memang tengah menjadi fokus LG sejak tahun 2013 lalu.

Di industri elektronik Tanah Air, dikenal sebagai brand yang pertama meluncurkan sebuah teknologi terkini rupanya menjadi salah satu pertimbangan penting dalam pembelian produk elektronik, termasuk produk home appliances (peralatan rumah tangga). Oleh karena itu, meski belum diluncurkan di Indonesia, smart home appliances product milik LG perlu diperkenalkan lebih dulu melalui sejumlah jurnalis.

“Media atau jurnalis menjadi influence yang tepat sekaligus netral dalam mengedukasi market seputar produk-produk teranyar dari LG,” ungkap Ken Hong, global Communication Director LG Electronics inc, di sela-seal press tour yang digelar LG di Seoul, Korea, pada awal Desember ini (1-5/12).

Pada rangkaian LG Press Tour kali ini, LG mengajak media untuk menyambangi kantpr pusat sekaligus pabrik di Korea. Sejumlah narasumber kunci dari kantor pusat pun dihadirkan untuk memebuhi kebutuhan jurnalis dalam membuat berita. Bahkan, fasiltias WiFi di hotel tempat menginap, di dalam bus sepanjang perjalanan melakukan tour di Korea, lokasi resto yang dikunjungi pun selalu menyediakan WiFi yang memadai.

Upaya itu dilakukan LG demi menjawab kebutuhan jurnalis dalam membuat berita sekaligus mengirim langsung report ke media masing-masing. “Narasumber penting yang mampu menjawab apa yang kami butuhkan serta fasilitas yang memadai menjadi faktor yang sangat penting bagi jurnalis dalam memproduksi berita, untuk kemudian segera ditayangkan. Hal itu, seharusnya juga ditunjang oleh keterbukaan narasumber kunci dalam memberikan informasi yang tidak terbatas pada tema yang mereka sudah dipatok di awal. Sayangnya, yang satu ini sulit sekali dipenuhi oleh narasumber,” ungkap Iqbal, jurnalias Harian Seputar Indonesia, yang sudah beberapa kali mengikuti press tour.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)