Begini Strategi Customer Retention Ala McDonald's

McD

Paska menu burger Filet-O-Fish vakum untuk beberapa tahun—lantaran terbentur regulasi pemerintah tentang impor ikan Alaska Poloc—akhirnya McDonald's Indonesia kembali meluncurkan menu bernuansa ikan pada awal November 2015. Tak tanggung-tanggung, dua menu baru sekaligus dihadirkan McDonald's sebagai upaya customer retention.

Ya, kedua menu baru tersebut untuk memanjakan sekaligus mengobati rasa rindu konsumen Indonesia yang selama ini terpaksa mengkonsumsi Filet-O-Fish di McDonal's luar negeri. Kedua menu baru tersebut adalah Fish Filet Burger a la carte yang dibandrol dengan harga Rp 21.818 (belum termasuk pajak) dan Fish & Fries a la carte dengan harga Rp 30.000 (belum termasuk pajak).

Diungkapkan Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka, “Menu Fish Filet Burger dihadirkan untuk mengganti menu lama yang sudah beberapa tahun tidak ada di Indonesia, namun masih banyak yang menantikannya, yakni menu Filet-O-Fish. Jika menu sebelumnya kami menggunakan jenis ikan impor, maka pada menu Fish Filet Burger, kami menggunakan ikan lokal yang memiliki tekstur daging dan rasa yang mirip dengan ikan Alaska Poloc. Ikan lokal yang kami gunakan adalah ikan Tilapia.”

Sementara itu, untuk menu Fish & Fries, lanjut Sutji, McDonald's Indonesia menyajikan dalam bentuk paket kentang goreng dan ikan tanpa tulang yang berbalut tepung. Paket tersebut disajikan dengan saus onion sour mayo spesial. “Menu Fish & Fries hanya ada di McDonald's UK (United Kingdom), tentunya dengan jenis ikan yang berbeda,” tambah Sutji, yang menyebutkan sejak kehadiran dua menu itu pada 2 November lalu, respon konsumen sangat bagus.

Kedua menu baru tersebut merupakan menu permanen yang akan selalu ada di seluruh gerai McDonald's yang kini berjumlah 161 gerai. “Dua menu ini, kami hadirkan karena banyak permintaan dari konsumen yang meminta kehadiran kembali menu Filet-O-Fish. Untuk itu, kami hadirkan Fish Filet Burger dengan menggunakan ikan lokal, namun memiliki tekstur dan rasa yang hampir mirip. Kami berharap, dua menu baru ini akan menjadi menu andalan McDonald's Indonesia ke depannya,” ia berharap.

Demi mengkomunikasikan dua menu barunya itu, McDonald's menggelar sejumlah kegiatan marketing komunikasi. Di antaranya, iklan TV Commercial, cetak, dan billboard yang sudah tayang sejak awal November 2015; kampanye di social media facebook, twitter, dan youtube milik McDonald's, hingga menggelar kegiatan food testing di kalangan jurnalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)