Dalam tiga tahun terakhir, merujuk data GFK, pasar kulkas atau lemari es di Indonesia terus mengalami penurunan. Jika tahun 2013 total market volume kulkas mencapai 3.596 unit, maka tahun 2014 dan 2015, volumenya masing-masing hanya mencapai 3.076 unit dan 2.862 unit.
Dari total market kulkas, kulkas satu pintu masih merajai. Tahun 2015 misalnya, total market kulkas satu pintu di Indonesia mencapai 1.768 unit atau sekitar 61,8%. Bandingkan dengan kulkas dua pintu yang hanya mencapai 1.079 unit.
Namun demikian, penurunan tertinggi justru terjadi pada kulkas satu pintu. Jika tahun 2014 kulkas satu pintu hanya terjual 1.959 unit, maka tahun 2015 angkanya menurun cukup signifikan menjadi 1.768 unit. Sementara itu, di 2014, kulkas dua pintu sanggup terjual 1.106 unit. Dan, hanya turun tipis di tahun 2015 menjadi 1.079 unit.
Meski tahun lalu kondisi pasar masih kurang bersahabat, namun PT SHARP Electronics Indonesia optimis pasar kulkas di tahun ini akan tumbuh. "Tahun 2016, pasar kulkas diprediksi tumbuh tipis, 2%, atau mencapai 2.900 unit. Sementara itu, untuk kulkas satu pintu diprediksi volume marketnya menjadi 1.800 unit," ungkap Herdiana Anita Pisceria, General Manager Product Planning Division PT SHARP Electronics Indonesia, yang akrab disapa Nana.
Berangkat dari fakta itulah, hari ini (27/4), SHARP menggenjot produk kulkas satu pintunya, dengan meluncurkan Shine. Ditambahkan Nana, optimisme SHARP terhadap pasar kulkas satu pintu diindikasikan dari tiga hal. Pertama, setiap tahun ada banyak orang yang baru menikah atau keluarga muda. Kedua, maraknya pembangunan perumahan dan apartemen untuk segmen kelas menengah bawah. Ketiga, keluarga menengah bertumbuh signifikan setiap tahunnya. "Keluarga menengah atau mereka yang baru menikah biasanya memilih kulkas satu pintu," lanjut Nana, yang mengatakan sejak diproduksi di Indonesia pada tahun 1974, per April 2015 SHARP telah memproduksi kulkas yang ke-15 juta unit.
Dibandrol dengan harga Rp 1,9 juta, Shine menawarkan stylish flat door dengan desain mirror-look anti pecah yang elegan, plus bertabur motif bunga serta geometris yang minimalis. Selain desain yang terkesan mewah, Shine juga mengedepankan kualitas dan performance terbaik. "Shine juga tercatat hemat energi, karna konsumsi dayanya hanya 56 watt atau lebih hemat 18 persen dibandingkan merek lainnya," yakin Nana, yang menyebutkan sampai saat ini kulkas satu pintu masih memberikan kontribusi paling tinggi terhadap total penjualan kulkas SHARP, yakni sekitar 60-70%.
Dengan kehadiran produk anyarnya itu, SHARP mematok penjualan untuk Shine di tahun mencapai 18.000 unit per bulannya. "Dengan demikian, kami berharap bisa menjadi market leader atau nomor satu di pasar kulkas satu pintu dan nomor satu di pasar kulkas Indonesia, dengan market share 28%," patok Nana, yang menyebutkan saat ini SHARP masih menempati posisi nonor dua di pasar kulkas Indonesia.
Keyakinan SHARP mencapai target tersebut di tahun ini lantaran waktu peluncuran yang tepat. Maklum saja, jelang Ramadhan atau puasa, penjualan kulkas nasional biasanya mengalami lonjakan hingga dua atau tiga kali lipat.
Sejumlah upaya marketing komunikasi yang terintegrasi tentu saja dipersiapkan SHARP untuk mengenalkan SHARP di pasar. Mulai dari TV commercial, print Ad, digital activation, hingga kegiatan Public Relations (PR).