Brand Lokal GMC pun Bergerilya Merangsek Pasar Elektronik

Pertarungan produk elektronik di Indonesia nyaris tak pernah lesu. Tak hanya pemain raksasa asal Jepang dan Korea yang agresif merangsek pasar. Namun, brand lokal juga tak ingin melewatkan seksinya pasar elektronik di Tanah Air. Salah satunya, GMC, merek elektronik lokal yang hadir di pasar sejak tahun 2002 silam.

Band KOTAK, brand ambassador GMC Band KOTAK, brand ambassador GMC

Menyasar segmen kelas menengah bawah—yang masih mendominasi masyarakat Indonesia—GMC menawarkan aneka produk elektronik unggulan dengan harga yang terjangkau. Antara lain, produk DVD player, DVD portable, LED TV, home appliance, hingga multimedia. Dijelaskan Namheng, Marketing Communications Manager GMC, “Tahun ini, rencananya kami juga akan meluncurkan produk kulkas.”

Tak ingin kalah pamor dengan brand-brand luar, sejak dua tahun lalu GMC memutuskan untuk memanfaatkan berbagai kanal komunikasi guna mengenalkan rangkaian produknya. Band lokal, KOTAK, dipilih untuk menjadi brand ambassador GMC. “KOTAK adalah brand seratus persen asal Indonesia. Kami berharap KOTAK dapat menyebarkan pesan brand GMC sebagai brand elektronik kebanggaan Indonesia,” harap Namheng.

Sejumlah TV Commercial dengan brand ambassador band KOTAK telah tayang di sejumlah stasiun televisi. Bahkan, untuk menciptakan brand experience sekaligus brand engagement, tim GMC bergerilya ke berbagai kota di Indonesia lewat program Pasar Tenda dan GMC Fair. Langkah tersebut untuk memperkuat distribusi GMC yang sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia, termasuk ke toko-toko tradisional elektronik.

Diungkapkan Namheng, Pasar Tenda adalah program yang memamerkan sejumlah produk-produk elektronik GMC. Biasanya, Pasar Tenda hadir di pusat-pusat keramaian seperti car free day. Sementara itu, untuk GMC Fair adalah aktivasi merek berkonsep hiburan, dengan menghadirkan sejumlah artis, antara lain Band KOTAK dan Kangen Band.

Tahun ini, program GMC Fair yang melibatkan band KOTAK—sebagai brand ambassador-nya—telah dimulai hari ini (5/4) di Kota Depok. Tak hanya menghadirkan hiburan musik, pada GMC Fair, GMC juga menghadirkan bazaar kuliner, bazaar fashion, pameran batu akik, hingga aneka lomba—seperti lomba memasak, dance, menggambar, dan mewarnai. Di sana, GMC juga memamerkan semua produk unggulannya, termasuk memberikan tawaran diskon yang menarik.

“Depok merupakan salah satu potensial market GMC. Tahun ini, GMC Fair juga akan roadshow ke kota Bandung, Banjarmasin, Pontianak, dan sebagainya. Kami berharap dengan program ini, kami dapat mengapresiasi kelas menengah bawah, yang notabene target market utama GMC. Dengan demikian, brand GMC juga akan semakin dekat di hati konsumen Indonesia,” harap Namheng, yang menyebutkan bahwa back bone GMC saat ini adalah produk DVD player dan speaker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)