Cerita Sukses Dibalik Rebranding OLX.co.id

Pasca rebranding pada Mei 2014 lalu, OLX.co.id berhasil mempertahankan posisinya sebagai e-commerce jual beli online. Terbukti dengan meningkatnya brand awareness OLX.co.id dibandingkan saat masih menggunakan brand Tokobagus.com. Berdasarkan riset brand awareness yang dilakukan oleh lembaga riset metrixLAB, OLX.co.id menunjukkan posisi teratas atau top-of-mind sebagai situs online classified.

Situs belanja OLX.co.id Dalam waktu tiga bulan setelah rebranding, brand awareness OLX Indonesia tumbuh dari 56% menjadi 61%.

Diungkapkan Alif Priyono, Chief Operating Officer OLX.co.id, berdasarkan riset yang dilakukan metrixLAB, brand awareness OLX.co.id berhasil menduduki posisi teratas yang sebelumnya diduduki oleh Tokobagus.com hanya dalam waktu 3 bulan setelah rebranding. “Ketika masih berdiri sebagai Tokobagus.com, brand awareness kami mencapai 56%, dan dalam kurun waktu 3 bulan setelah rebranding, data yang kami miliki menunjukkan bahwa top of mind awareness kami tumbuh menjadi 61%,” tambah Alif.

Brand OLX.co.id sendiri, imbuhnya, secara resmi diluncurkan ke publik pada 20 Mei 2014. Untuk memudahkan konsumen dan sekaligus menumbuhkan awareness dengan perubahan nama Tokobagus.com menjadi OLX.co.id, OLX memanfaatkan layanan Google Search. “Ketika pengguna mengetik “tokobagus”, maka pengguna akan menemukan OLX.co.id. Selain itu, ketika pengguna mengetik “www.tokobagus.com” di browser, maka akan diarahkan ke situs OLX.co.id secara otomatis,” jelasnya.

Menurut Alif, kunci sukses rebranding OLX.co.id, selain karena komunikasi yang sederhana dan jelas, juga didukung dengan layanan terbaik, sama seperti sebelum rebranding dilakukan. Setelah sukses rebranding, OLX.co.id berkomitmen untuk tetap menyediakan platform yang nyaman bagi pengguna, baik untuk posting iklan ataupun yang mencari barang second hand.

“Kami yakin bahwa OLX.co.id akan tetap menjadi platform pilihan bagi pengguna internet di Indonesia untuk menjual ataupun mencari barang bekas berkualitas tak terpakai. Keberhasilan rebranding OLX di Indonesia juga diikuti di beberapa negara lain seperti Thailand, Filipina dan beberapa negara lain di Eropa, India dan Amerika Latin,” tutup Alif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)