Dukung Sustainable Fashion, Shafira Hadirkan Kampanye "Tree of Life"

Industri fashion muslim berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Menurut studi State of The Global Islamic Economy, nilai bisnis fashion muslim dunia mencapai US$ 270 miliar pada tahun 2017. Pertumbuhannya ke depan diperkirakan mencapai 5% setiap tahunnya. Sementara itu, 2023 mendatang, nilai bisnis fashion muslim di dunia diprediksi tembus US$ 361 miliar.

Dikatakan Deny Setiawan, Chief Executive Officer Shafira, tak hanya di dunia, tren fashion muslim di Indonesia jauh lebih bertumbuh pesat. Tahun 2018, nilai bisnis fashion muslim di Indonesia mencapai US$ 20 miliar. Pertumbuhannya diproyeksi lebih tinggi dari pasar dunia, yakni tumbuh 16% hingga 18,2% per tahun.

Fakta itu telah memicu pertumbuhan brand-brand fashion muslim baru di Indonesia. Bahkan, merek-merek fashion global pun tak mau ketinggalan. Mereka meluncurkan line khusus untuk fashion muslim. "Tumbuhnya industri fashion muslim juga dipicu oleh pertambahan kanal distribusi atau penjualan baru, yakni melalui online atau marketplace," ucap Deny pada hari ini (11/1), di Bandung.

Tren bertumbuhnya industri fashion muslim juga dirasakan oleh Shafira, yang notabene merupakan pionir untuk merek fashion muslim di Indonesia. Hadir sejak 31 tahun lalu, diakui Deny, Shafira mampu menjadi merek fashion muslim Indonesia yang memiliki 124 gerai di Indonesia. Sementara itu, Zoya yang merupakan merek fashion muslim lain di bawah Shafira Group, juga telah memiliki 170 gerai di seluruh Indonesia.

"Tahun ini, kami menargetkan pertambahan 6 sampai 8 gerai Shafira. Tak hanya gerai, penjualan Shafira juga bertumbuh dua digit setiap tahunnya. Target kami, tahun ini pun Shafira dapat bertumbuh dua digit. Dan, kami optimis bisa mencapai target tersebut," yakin Deny.

Guna mencapai target tersebut, diakui Deny, Shafira melakukan inovasi dengan mengusung kampanye "Tree of Life". Melalui kampanye itu, Shafira mendukung terwujudnya sustainable fashion atau eco fashion di Indonesia. Dan, sebagai langkah awal, tahun 2020 ini, Shafira mengganti bahan fashion muslimnya dengan serat alam. "Untuk serat alam ini, kami menggunakan bahan Tencel yang ramah lingkungan yang diproduksi oleh Lenzing Group," papar Deny.

Lebih lanjut ia menerangkan, penggunaan bahan Tencel untuk koleksi fashion Shafira memang baru di bawah 10% untuk tiga bulan ini. "Namun, pada koleksi Lebaran nanti, kami akan menggunakan bahan Tencel ini hingga 20-30%. Sejauh ini, kami memang masih menggunakan serat alam ini untuk merek Shafira, karena memang cost-nya yang tinggi," ucapnya.

Upaya lain yang dilancarkan Shafira untuk mencapai target tersebut adalah mengoptimalkan pemanfaatan website sebagai kanal penjualan online. "Sejauh ini, penjualan melalui online memang masih kecil, yakni hanya 1-3%. Oleh karena itu, untuk meningkatkannya, kami baru saja meluncurkan VIP Member Program, dimana para member VIP Shafira mendapatkan keistimewaan dengan dapat melakukan pemesanan lebih awal (pre order) untuk aneka koleksi terbaru Shafira. Harapannya, langkah ini dapat meningkatkan penjualan online," paparnya.

Ditambahkan Feny Mustafa, Chairman Shafira, upaya lain yang dilakukan Shafira dalam kampanye Tree of Life adalah berkolaborasi dengan pemerintah Jawa Barat. Bersama Dekranasda Jawa Barat, Shafira meresmikan kampanye Shafira Conscious & Sustainable Lifestyle.

"Melalui kolaborasi ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan memelihara alam. Kami pun ingin Shafira tidak hanya dikenal sebagai merek fashion muslim, tetapi juga merek yang peduli dengan lingkungan dan alam," urai Feny, di sela-sela perayaan Hari Ulang Tahun Shafira ke-31, yang digelar pada hari ini (11/1) di Bandung.

Pada awal tahun 2020 ini, Shafira juga menghadirkan koleksi terbaru dengan mengedepankan motif-motif alam. Koleksi terbaru Shafira ini akan hadir pada Februari 2020 mendatang di seluruh store. Kami juga akan berpartisipasi di Indonesia Fashion Week tahun ini dengan menggelar fashion show bertajuk Tree of Life," tutup Feny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)