Ekspansi Centro ke Second City

Kendati pertumbuhan belanja online sangat tinggi dan kebiasaan konsumen Indonesia sudah bergeser dari offline ke online, namun hal itu tidak menyurutkan langkah para peritel untuk tetap melakukan ekspansi gerai fisik (offline)-nya. Hal itu ditandai dengan masih banyaknya pusat belanja sekaligus ritel fashion yang melakukan grand opening.

Parkson Retail Asia--perusahaan asal Malaysia yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun sebagai operator Department Store di beberapa Negara Asia--misalnya, tetap melakukan langkah ekspansi ritel Centro di berbagai daerah di Indonesia. Tahun 2018 ini, Parkson resmi membuka gerai Centro di Gresik pada Oktober ini dan di Mal Pesona Square Depok pada hari ini (20/12).

Dikatakan Pelly Sianova, Advertising & Promotion Sr. Manager Centro Department Store pada saat pembukaan store baru Centro di Pesona Square Depok (20/12), "Ke depan, kami memang berencana merambah online, baik melalui marketplace atau e-Commerce. Namun, saat ini, kami masih akan melakukan ekspansi di ritel offline, karena masih banyak konsumen Indonesia yang senang berbelanja di toko, karena ingin melihat, memegang, dan merasakan langsung belanjaan mereka."

Ia pun mencontohkan, dari pelanggan Centro yang didominasi oleh mereka yang berusia 35-45 tahun, masih senang berbelanja di toko fisik. Bahkan, tidak semua member kartu Centro yang kini berjumlah 1,5 juta, mempunyai alamat email. "Fenomena lain yang menunjukkan konsumen Indonesia masih suka berbelanja offline adalah menjadikan mall sebagai salah satu destinasi hiburan keluarga setiap weekend. Dan, ini terjadi di kawasab Depok," lanjutnya.

Oleh karena itu, menurut Pelly, Parkson akan masih membuka gerai fisik Centro di sejumlah second city di Indonesia. Antara lain, di Gresik dan Depok yang merupakan daerah penyangga ibukota. "Alasan lainnya Centro hadir di Mal Pesona Square Depok adalah tinggibya potensi market di kota Depok," ucapnya.

Mau bukti? Dijawab Pelly, gerai Centro yang ada di Margo City Mall, Depok, memiliki kinerja penjualan yang sangat bagus. "Dari total 16 gerai, kinerja penjualan Centro yang ada di Margo City selalu menempati posisi kedua atau ketiga. Dan, sejak hadir pada tahun 2006 di Margo City, Centro selalu mengalami pertumbuhan yang signifikan. Bahkan, pada momen-momen tertentu seperti midnight sale, Lebaran, dan Natal, pengunjung Centro Margo City sangat penuh dan antusias," jelasnya.

Oleh karena itu, guna memberikan kenyamanan pembelanja di kawasan Depok, tutut Pelly, Parkson kembali membuka gerai keduanya di Depok atau gerai ke-16 di Indonesia, yakni di Mal Pesona Square Depok. Memiliki luas 9.238 meter persegi yang terdiri dari tiga lantai, Centro di Mall Pesona Square Depok menawarkan sejumlah fasilitas baru.

"Untuk pertama kalinya, Centro menfasilitasi pengunjung dengan berbagai kemudahan seperti penyediaan stroller anak, wheelchair, maupun playground di dalamnya. Fasilitas ini kami berikan, karena banyak pembelanja yang membawa keluarga, baik anak maupun orangtua, untuk berbelanja," ungkapnya.

Tawaran baru lainnya dari Centro adalah Hijab Corner. Setelah hadir di Gresik, Hijab Corner juga hadir di Centro-Mal Pesona Square Depok. Langkah itu dilakukan, karena Parkson melihat semakin maraknya komunitas Hijabers di wilayah Depok. "Kami juga untuk pertama kalinya menghadirkan karyawan Centro yang berhijab dengan menggunakan seragam Centro khusus hijaber," ceritanya.

Potensi segmen muslim di kawasan Depok seperti itu, dimanfaatkan Centro untuk menggelar rangkaian program menyambut grand opening di Mal Pesona Square Depok. Menggandeng Hijab Influencers Network yang kini memiliki jaringan ke 300 komunitas Hijabers, Centro menggelar berbagai kegiatan seperti workshop, diskusi, hingga Hijab Model Hunt Competition. "Hijab Model Hunt Competition ini akan berlangsung pada Sabtu 22 Desember 2018 dan malam final pada 29 Desember 2018 di Centro Pesona Square Depok," papar Pelly.

Pada rangkaian grand opening, Centro beserta seluruh jajaran manajemen juga melakukan aksi tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) dengan membagikan 500 paket beras kepada masyarakat Depok, melalui lima masjid di Depok. Kelima mesjid tersebut yaitu Masjid Al-Barokah, Masjid Jami Al-Hidayah, Masjid Al-Hidayah, Masjid At-Taqwa, dan Masjid Nurul Huda.

"Tentu saja, kami juga menggelar berbagai program diskon menarik seperti gratis voucher Rp 500.000 yang berlaku untuk tiga orang antrean pertama dan Rp 100.000 untuk 100 orang antrean berikutnya plus gratis membership PCC Gold. Selain itu, kami juga menawarkan Cash Back 100% (21-23 Desember 2018) dan shopping voucher senilai Rp 300.000 dengan melakukan minimal transaksi Rp 300.000 serta program promo menarik lainnya," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)