Empat Alasan Mengapa Marketing Plan Harus Diubah

Apakah Anda berpikir bahwa sudah waktunya untuk merestrukturisasi marketing Anda? Jika Anda menjawab ya, maka Anda termasuk salah satu dari 80% eksekutif pemasaran di seluruh dunia yang mengatakan bahwa sudah waktunya untuk melakukan perubahan dalam marketing plan. Bahkan, 29% dari para eksekutif itu percaya bahwa kebutuhan untuk perubahan marketing plan sangat mendesak.

Marketing planMengapa harus sekarang? Karena, waktu telah berubah dan consumer journey telah berubah. Jika bisnis marketers ingin berhasil, menurut Brenda Stoltz, seperti yang dikutip dari Business2Community, marketers tidak bisa mengabaikan perubahan dramatis yang terjadi.

Apalagi, marketing tradisional tidak seefektif dulu. Sekarang ini, marketing tradisional semakin mahal dan tidak personal, contoh ya iklan cetak dan televisi. Oleh karena itu, pemasaran modern membutuhkan rencana yang lebih kohesif sekaligus kuat di semua platform.

Berikut ini adalah tiga perubahan yang paling mendesak marketers untuk mengubah marketing plan mereka guna memenuhi tuntutan konsumen saat ini.

1. Marketing Harus Menciptakan Consumer Experience
Tim penjualan harus mampu menjadi wajah brand anda ke pelanggan potensial. Sebab, mereka adalah orang-orang yang menjadi bagian dari proses pembelian, bahkan menyentuh setiap orang dengan lembut sampai konsumen mau melakukan pembelian. Sekarang ini, marketing harus juga mampu mengambil peran itu.

Artinya, marketing harus mampu memelihara pengalaman pelanggan yang sederhana dan bermanfaat. Hal itu membuat banyak perusahaan yang sekarang mendidik tim penjualan mereka dengan isu pemasaran. Sementara itu, departemen pemasaran bertugas untuk mengelola pengalaman pelanggan dengan merek serta memastikan hal itu menyenangkan dari awal hingga pasca transaksi.

2. Marketing Harus Bersifat Personal
Saat ini, di dunia segalanya berangkat dari data-driven. Dengan demikian prsonalisasi lebih mudah daripada sebelumnya. Anda dapat mengirim email massal dan melakukan personalisasi, sehingga terkesan Anda sedang berbicara face-to-face denfan konsumen. Anda dapat menggunakan retargeting untuk membuat iklan Anda lebih efektif. Toh, kosumen saat ini tidak hanya menghargai pengalaman pribadi, tapi mereka sudah menuntut itu.

3. Belanja Marketing Sudah Bergerak Menuju Digital dan Data Driven Technolgies
Iklan cetak memang tidak mati. Hanya saja, biayanya tidak seefektif dulu. Sekarang, pemasar modern membuat pergeseran dari media tradisional ke digital dan teknologi berbasis data. Iklan surat kabar semakin tergantikan dengan Facebook Ad. Iklan televisi semakin tergantikan dengan iklan di YouTube. Mengapa? Karena pemasaran digital lebih fokus dan lebih akurat dilacak dibandingkan pemasaran tradisional. Untuk itu, marketers dapat membuat perubahan dengan cepat sekaligus beradaptasi dengan tuntutan konsumen saat ini.

4. The Bottom Line
Marketing sudah menjadi sumber pendapatan untuk menambah revenue perusahaan. Alias, tidak lagi menjadi beban, seperti yang selama ini diidentikkan pada marketing. Artinya, ketika marketing dilakukan dengan benar, maka marketing mampu mencetak keuntungan yang besar bagi perusahaan. Lantas, apakah Anda sudah merestrukturisasi rencana pemasaran atau marketing plan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)