Gurita Bisnis Pizza Hut di Industri Ritel F&B

Industri ritel Food & Beverages (F&B) di Indonesia terus bertumbuh. Antara lain, ditandai dengan coffee retail yang belakangan makin marak. Sebagai pemain lama di industri ritel F&B, Pizza Hut tentu saja tak tinggal diam. Sejak kehadirannya di Indonesia pada 1984 lalu, Pizza Hut tak pernah berhenti melakukan ekspansi. Awal November ini (7/11) misalnya, Pizza Hut resmi membuka gerai ke-500-nya di Golden City, Bekasi Utara. Kehadiran gerai ke-500 itu menjadi bukti eksistensi Pizza Hut di industri ritel F&B.

Dijelaskan Jeo Sasanto, Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk., pemegang hak waralaba Pizza Hut di Indonesia, dimana PT Sriboga Raturaya sebagai pemegang saham terbesar PT Sarimelati Kencana Tbk., "Ekspansi gerai memang rutin kami lakukan setiap tahunnya. Kami membuka minimal 60 gerai baru setiap tahunnya. Sampai akhir tahun ini, kami targetkan akan ada 511 gerai Pizza Hut."

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari total 500 gerai Pizza Hut yang dihadirkan, ada empat konsep ritel F&B yang kami tawarkan. Pertama, Pizza Hut Restaurant yang berkonsep resto atau fine dining. Kedua, PHD (Pizza Hut Delivery) yang berkonsep delivery dan takeaway. Ketiga, Pizza Hut Kitchen yang mirip resto, namun sistemnya seperti fast food order di counter, dimana kapasitas eat-nya hanya 60-80. Keempat, Pizza Hut Express yang menawarkan kecepatan seperti di food court.

"Dari keempat konsep itu, kontribusi terbesar terhadap total pendapatan Pizza Hut adalah konsep resto, yakni sebesar 70%. Sedangkan sisanya, 25% PHD dan 5% dari dua konsep atau brand yang baru kami luncurkan di 2018, yakni Pizza Hut Kitchen dan Pizza Hut Express," papar Jeo di sela-sela pembukaan gerai ke-500 Pizza Hut di Bekasi Utara.

Melalui empat konsep itu, diakui Jeo, Pizza Hut memiliki sejumlah keuntungan. Antara lain, selain menjangkau lebih banyak segmen, Pizza Hut juga lebih mudah bertumbuh. Saat ini, untuk gerai berkonsep resto jumlahnya memang masih mendominasi, yakni mencapai 255 gerai. Selanjutnya, 225 gerai PHD dan 20 gerai untuk Kitchen dan Express.

Kendati persaingan di industri ritel F&B makin sengit, dikatakan Jeo, kinerja penjualan Pizza Hut tetap sanggup bertumbuh. Per akhir Oktober 2019, Pizza Hut telah mempublikasikan laporan keuangan untuk periode September 2019. Pada periode tersebut, Pizza Hut mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 2,9 triliun atau tumbuh 14,2% dari penjualan di periode yang sama tahun sebelumnya. Tumbuhnya penjualan itu juga diikuti dengan tumbuhnya laba bersih menjadi Rp 149 miliar atau setara dengan pertumbuhan sebesar 47% dibanding tahun lalu.

Tahun 2020 mendatang, meski belum final, diungkapkan Jeo, Pizza Hut kembali akan melakukan ekspansi dengan menambah 60 gerai baru seperti tahun ini. Guna mencapai target tersebut, ada sejumlah strategi yang siap dilancarkan Pizza Hut.

Strategi pertama adalah dengan mendengarkan kustomer. "Apa yang mereka suka, mereka inginkan, kami harus usahakan memberikan yang terbaik. Strategi kedua adalah inovasi berkelanjutan. Diyakini Jeo, Pizza Hut dikenal dengan pizza yang paling inovatif, karena setiap waktu menghadirkan pizza yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan disukai kustomer. "Setiap tahun, kami menghadirkan 4-6 menu Limited Time Offer," katanya.

Strategi ketiga adalah dengan menawarkan produk dengan harga yang terjangkau, antara lain dengan selalu merilis aneka promosi baru di Pizza Hut. Strategi keempat adalah memberikan layanan yang terbaik dengan menghadirkan resto-resto baru yang nyaman. "Bahkan, restoran lama pun secara berkala, 5-6 tahun sekali, kami akan renovasi agar kustomer merasakan ambiance yang baru dan nyaman," ujar Jeo yang menyebutkan Pizza Hut juga sudah melakukan kerja sama dengan GoFood dan GrabFood, meski masih lebih banyak pelanggan yang memilih datang ke resto untuk di-takeaway.

Gerai ke-500 Dengan investasi Rp 8 miliar, gerai ke-500 Pizza Hut di Golden City, Bekasi Utara, resmi diluncurkan pada awal November ini (7/11). Melalui peluncuran gerai tersebut, Pizza Hut Indonesia mampu membuktikan eksistensinya yang telah hadir selama 35 tahun di Indonesia.

Ditegaskan Steven Christopher Lee, Presiden Direktur PT Sarimelati Kencana Tbk., “Kami memiliki komitmen untuk terus dapat menyajikan Pizza terbaik dengan beragam pilihan dan harga yang bersahabat bagi keluarga Indonesia. Dengan menghadirkan outlet ke-500 ini merupakan upaya kami untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat yang ingin merasakan Pizza favorit nomor satu di Indonesia. Hadirnya outlet ini juga menandakan keberlanjutan bisnis Pizza Hut Indonesia yang mampu bertahan hingga 35 tahun di tengah persaingan yang semakin kompetitif.”

Ia pun membeberkan sejumlah alasan mengapa gerai ke-500 dibuka di Golden City, Bekasi Utara. “Di Kota Bekasi, saat ini, kami sudah memiliki 33 gerai yang terdiri dari 12 gerai Pizza Hut Restaurant, 19 gerai Pizza Hut Delivery (PHD), dan 2 gerai Pizza Hut Express," lanjutnya.

Pizza Hut melihat potensi pasar yang sangat besar untuk terus melakukan ekspansi di Bekasi. "Untuk itu, kami melakukan serangkaian proses survey internal dan menetapkan Golden City Bekasi Utara sebagai pilihan yang tepat untuk membuka gerai ke-500,” yakin Steven.

Berdasarkan data BPS tahun 2018, Kota Bekasi memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.409.083. Bekasi Utara menempati urutan pertama dengan jumlah penduduk terbanyak di Kota Bekasi, yaitu 318.550 penduduk. Disusul oleh Bekasi Selatan sebanyak 268.754, lalu ketiga ditempati oleh Bekasi Timur sebanyak 241.209 penduduk. Selain itu, berdasarkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Bekasi tahun 2013-2018, rata-rata nilai Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) di Kota Bekasi menembus 5,82% dari tahun 2013 sampai 2016.

Sementara itu, dalam rangkaian pembukaan gerai Pizza Hut ke-500 di Pizza Hut Restaurant Golden City, Bekasi Utara, Pizza Hut Indonesia juga meluncurkan inovasi pizza terbarunya, yaitu Cheesebomb Pizza yang memiliki empat rasa keju berbeda, yaitu original, barbeque, salsa, dan truffle yang tersedia sebagai pinggiran ataupun topping.

Selain itu, Pizza Hut Restaurant memberikan promo spesial di seluruh gerainya berupa pembelian pizza kedua hanya seharga Rp 500, yang berlaku untuk dine in mulai dari 5 November hingga 7 November 2019. Secara khusus untuk gerai Pizza Hut Restaurant Golden City, Bekasi Utara, dibagikan voucher pizza gratis untuk pelanggan yang melakukan pembelian di outlet tersebut mulai 29 Oktober 2019 sampai 12 November 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)