Repositioning, Merck didukung oleh FutureBrand, agensi brand terkemuka yang turut menangani Bentley dan Nespresso.
Pertengahan Oktober 2015 ini perusahaan sains dan teknologi Merck rebranding secara global. Perubahan identitas perusahaan yang dilakukan antara lain tampilan visual serta pengenalan logo baru yang merefleksikan transformasi Merck menjadi perusahaan sains dan teknologi. Di luar Amerika Serikat dan Kanada, perusahaan akan beroperasi dengan nama Merck, bukan lagi Merck Serono atau Merck Milipore.
Diungkapkan Chairman of Executive Board dan CEO Merck Karl-Ludwig Kley, “Saat ini kami berada dalam posisi untuk menawarkan solusi yang mendukung tren global seperti kesehatan dan digitalisasi. Melalui perubahan menyeluruh pada identitas merek yang baru, kami ingin tetap terlihat dan dikenal sebagai Merck, sehingga identitas kami bisa memperkuat nama perusahaan yang selama ini telah dikenal dengan baik. Oleh karena itu, kami mulai meninggalkan citra yang lama dan fokus kepada citra yang lebih muda dan menarik,” jelas Kley.
Investasi terhadap merek Merck sendiri merupakan bagian dari strategi transformasi dan pertumbuhan yang bertajuk “Fit for 2018”. Strategi tersebut berfokus pada inovasi, bisnis yang berbasis teknologi, serta modernisasi, dan perluasan kantor pusat global di Darmstadt, Jerman. Dengan adanya identitas merek baru ini, merek-merek divisi Merck Serono dan Merck Milipore juga tidak berdiri secara independen lagi. Ke depan, Merck Serono akan beroperasi sebagai bisnis biofarmasi Merck, sementara Merck Milipore sebagai bisnis life science Merck.
Di Indonesia sendiri, Merck merupakan salah satu perusahaan sains dan teknologi tertua di Indonesia, yang pada 14 Oktober 2015 lalu genap berusia 45 tahun . Dikatakan Presiden Direktur PT Merck Indonesia Tbk, Martin Feulner, “Selama 45 tahun, Merck Indonesia telah berkembang hingga saat ini memiliki kombinasi keahlian khusus melalui bisnis kami di sektor kesehatan, life science, dan performance materials. Hal ini menempatkan kami pada posisi untuk mengenali tantangan di sektor-sektor tersebut dan menawarkan solusinya. Kami yakin perubahan identitas Merck secara global akan memperkuat komitmen kami dan memberi lebih banyak nilai tambah bagi masyarat Indonesia.”
Terkait tampilan visual Merck, ada perubahan mendasar yang dilandasi konsep perusahaan sains dan tekonologi yang dinamis dan terinspirasi oleh bentuk-bentuk beragam dan beraneka warna yang dapat dilihat di bawah mikroskop. Desain baru Merck memperlihatkan warna-warna dan bentuk yang ekspresif dengan tampilan dan rasa (look and feel) scientific, yang juga direfleksikan oleh logo baru perusahaan. Apabila dibandingkan dengan logo yang lama, logo baru Merck menyampaikan pernyataan yang lebih berani, dengan desain yang lebih sederhana dan dapat digunakan dalam warna yang berbeda.
“Berdasarkan analisis komperhensif secara internal dan eksternal menunjukkan bahwa kita harus melibatkan emosi dalam tampilan merek secara lebih luas guna memperlihatkan citra sebagai perusahaan teknologi yang dinamis kepada pasar dan calon karyawan,” papar Head of Group Communications Water Huber.
Selain itu, desain baru perusahaan juga diharapkan memperkuat hubungan yang lebih kuat secara visual dengan bisnis Merck di Amerika Serikat dan Kanada. Untuk itu, Merck turut memperkenalkan huruf “M” yang mencolok dan memiliki warna yang beragam sebagai tambahan dalam logo Merck, untuk mengindikasikan keanggotaan bisnis dan produk tersebut dalam Group Merck, terlepas dari nama atau lokasi regional perusahaan. Dalam upaya brand repositioning ini, Merck didukung oleh FutureBrand, agensi brand terkemuka yang turut menangani Bentley dan Nespresso, serta Olympic Games di London tahun 2012.