Ingin Jadi “Alibaba Indonesia”, Intip Apa yang Dilakukan MatahariMall.com

Awal September ini (9/9) MatahariMall.com secara resmi meluncurkan situs e-Commerce miliknya. Peluncuran tersebut dibarengi juga dengan program yang mampu menarik minat calon pengunjung sekaligus pembeli, yakni SuperSeptember. Tak tanggung-tanggung, untuk mengkomunikasikan program tersebut, MatahariMall.com rajin menayangkan kampanye program SuperSeptember lewat iklan televisi.

mataharimall

CEO Matahari Mall Hadi Wenas mengklaim bahwa SuperSeptember merupakan kampanye tunggal terbesar dalam sejarah ritel online di Indonesia. “Kami memberikan penawaran terbaik. Mulai dari mobil, ponsel, sampai pakaian dan kebutuhan rumah tangga. MatahariMall.com menawarkan apa saja dengan harga paling terjangkau.”

Lantas, penawaran menarik apa saja yang disajikan dalam program SuperSeptember? Dijawab Hadi, SuperSeptember akan menyajikan Super Prizes, Super Surprise Deals, dan Super Cicilan. Pada Super Prizes misalnya, konsumen yang membeli produk selama masa kampanye berlangsung akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah berupa apartemen, tur dengan helikopter, mobil mewah, motor premium, dan masih banyak lagi. Sementara Super Surprise Deals menyajikan diskon hingga 99% untuk barang-barang favorit konsumen. Adapun Super Cicilan adalah program cicilan 0% tanpa batas minimum.

Diakui Hadi, MatahariMall.com dirancang sebagai super-marketplace online yang merupakan tempat bagi semua orang untuk membeli dan menjual apapun. Mulai dari perangkat elektronik, produk fesyen, gaya hidup, hingga kebutuhan rumah tangga. “Layaknya mengunjungi mal, pengunjung dapat masuk, berjalan-jalan dan berbelanja di setiap lantainya. Setiap lantai terdiri atas kategori yang berbeda-beda,” ujar Hadi.

MatahariMall yang meluncurkan versi beta pada awal tahun ini juga mampu menunjukkan jumlah kunjungan dan perkembangan transaksi yang pesat. “Berkat kepercayaan konsumen terhadap merek Matahari, jumlah kunjungan (traffic) MatahariMall.com sangat tinggi, padahal upaya pemasaran masih minimal. Saya belum pernah melihat daya tarik sebesar ini sebelumnya. Konsumen tertarik dengan rangkaian produk yang kami sajikan, harga yang terjangkau, serta pilihan untuk mengambil barang pesanan mereka di Matahari Department Store atau eLocker,” tambah Timothy Martin, Head of Online Marketing MatahariMall.

Senada dengan Martin, menurut Hadi, periode soft launch merupakan awal yang sangat baik. “Sejumlah penjual menyampaikan kepada kami bahwa kebanyakan penjualan mereka terjadi di MatahariMall, bahkan sebelum kami melakukan upaya pemasaran. Hal ini merupakan motivasi bagi kami, seiring dengan tujuan MatahariMall untuk membangun ekosistem digital yang kuat di Indonesia, yang memungkinkan berkumpulnya para penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia,” aku Hadi.

Emirsyah Satar, mantan CEO Garuda Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Chairman MatahariMall, mengatakan bahwa MatahariMall yang didukung oleh Lippo Group memang memiliki visi untuk menjadi e-Commerce terbesar di Indonesia – seperti “Alibaba Indonesia”.

Emirsyah menyampaikan, “Kami percaya bahwa MatahariMall akan berkontribusi terhadap pertumbuhan e-Commerce, yang terbukti sebagai salah satu kekuatan penggerak ekonomi sebuah negara. Melalui kerja sama dengan pemerintah dan mitra-mitra kami, kami percaya bahwa MatahariMall.com akan mencapai visinya sebagai e-Commerce terbesar di Indonesia, menguatkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia, dan menyajikan pengalaman berbelanja yang unik bagi para konsumen.”

Direktur Lippo Group John Riady yang hadir saat itu mengungkapkan, “Kami sangat bangga dengan tim kami. Tim sangat fokus dan angka pertumbuhannya sangat memuaskan. Lippo dan para investor lain sepenuhnya berkomitmen untuk melakukan segala upaya untuk mendukung MatahariMall sebagai penggerak e-Commerce di Indonesia. Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami.”

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)