Kampanye Terintegrasi Xpander di Masa New Normal

Otomotif menjadi industri yang paling telak terdampak pandemi Covid-19. Sepanjang April 2020 misalnya, menurut data Gaikindo, penjualan mobil secara ritel turun 70%, yakni menjadi 24.276 unit. Sementara itu, penjualan dari pabrik ke dealer melorot hingga 90,63%, dari 84.056 unit di April 2019, menjadi 7.871 unit di April 2020. Gaikindo pun memperkirakan tren negatif ini masih akan berlanjut.

Tantangan berat ini tentu saja harus dihadapi oleh seluruh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) yang ada di Indonesia. Tanpa terkecuali, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Meski harus menghadapi masa-masa terberatnya, rencana jangka menengah MMC justru berfokus pada pertumbuhan profit di wilayah dan produk-produk yang memiliki kekuatan pasar, antara lain wilayah ASEAN, termasuk Indonesia. Ya, MMC akan memusatkan sumber daya manajemennya dan meningkatkan pangsa pasarnya di ASEAN menjadi lebih dari 11 persen.

Sebagai bagian dari pasar ASEAN, MMKSI menanggapi target MMC itu sebagai peluang untuk terus mengembangkan bisnis di pasar otomotif Indonesia. “Mitsubishi Motors melihat potensi pasar yang terdapat di wilayah ASEAN, termasuk di Indonesia. Ini menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi MMKSI sebagai distributor di Indonesia untuk bertumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC,” ujar Naoya Nakamura President Director PT MMKSI.

Tentu saja, sejumlah strategi jitu siap dilancarkan MMKSI dalam menghadapi tantangan di masa pandemi dan menuju New Normal ini. Salah satu strateginya adalah menggenjot salah satu produk andalannya, Xpander.

Lantas, upaya apa yang dilancarkan MMKSI untuk menggenjot produk andalannya itu? Kampanye komunikasi dan promosi yang massif menjadi pilihan MMKSI dalam memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia di masa pandemi. Mulai dari kampanye komunikasi untuk membangun brand awareness, brand image dan brand engagement, hingga kampanye promosi yang mampu meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, setelah sukses menggelar kampanye "Xpander Tons of Real Happiness" (ToRH) di 2018 dan kampanye “Keluarga Xpander Pinter Bener” di 2019, tahun 2020 ini, MMKSI kembali menghadirkan kampanye terintergrasi (integrated campaign) bertajuk “Mulai Adventure Baru Senyaman Di Rumah”. Melalui kampanye ini, MMKSI ingin mengkomunikasikan keunggulan dari Mitsubishi Xpander.

Dipaparkan Nakamura, kampanye “Mulai Adventure Baru Senyaman Di Rumah” adalah untuk mendukung masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan petualangan selanjutnya yang tetap aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Hastag #PinterBenerPilihAdventure akan menjadi komunikasi lanjutan di dunia digital yang menggambarkan adaptasi masyarakat untuk memilih ‘Adventure’ yang paling aman dan nyaman di kondisi New Normal ini.

“Di masa New Normal ini, masih banyak pembatasan kegiatan yang diberlakukan oleh Pemerintah untuk menjaga masyarakat dari penyebaran virus. Di sisi lain, masyarakat pun telah menunggu momen berpetualang bersama keluarga. Kendaraan pribadi dengan berbagai fitur penunjang aktivitas keluarga pun menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang aman di masa ini. Salah satunya, Mitsubishi Xpander,” urainya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)