Kata Siapa Pemasaran Sekarang Berubah Total?

marketing change
Pemasaran hari ini benar-benar di luar kendali. Dengan semua teknik pemasaran baru, pemasar berusaha mengakses massa. Karena itu persepsi yang muncul kemudian, pemasaran itu susah. Apalagi dihadapkan pada kenyataan bahwa saat ini bila Anda meluncurkan produk baru misalnya, merek Anda akan berhadapan dengan belasan pesaing langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain, situasi pasar sekarang ini membuat Anda semakin sulit untuk berdiri keluar dari keramaian dan kerumunan merek.
Di sisi lain, konsumen sekarang ibarat duduk di ruang pengap. Mereka kewalahan dengan parade pesan pemasaran yang mereka terima dari berbagai media yang semakin meningkat dan tampaknya tak berujung. Tidak ada ruang untuk beritirahat karena di setiap sudut selalu hadir pesan pemasaran. Ibarat kata, konsumen kini hidup dalam keberisikan. Betapa tidak, ada perkiraan bahwa rata-rata orang menerima lebih dari 10.000 pesan. Yang menarik semua nadanya terdengar sama, yakni mempersuasi Anda.
Sebagai pemasar, mereka bersaing dengan dua jenis keberisikan. Yang pertama adalah kebisingan di pasar. Ini mungkin datang dari pesaing, dari pesan yang tidak jelas dan tidak fokus, atau dari rentetan komunikasi yang dirilis secara bersamaan di seluruh spektrum saluran yang luas. Yang kedua adalah keberisikan yang dibangun organisasi kita sendiri. Bahkan jika Anda memiliki konsep kreatif yang besar, sebuah pesan yang hebat, dan kampanye pemasaran yang luar biasa, Anda masih harus bersaing untuk mendapatkan sumber daya dan perhatian dengan semua kegiatan lain yang terjadi dalam organisasi Anda.
Mereka perlu mempertahankan fokus yang jelas di atas kerumunan atau keributan pemasaran. Yang sering terjadi, sebagian besar organisasi bisa memulai dari yang baru untuk mengembangkan strategi pemasaran baru. Mereka sudah memiliki pelanggan, saluran dan hubungan, dan cara untuk melakukan bisnis. Dengan sumber daya yang terbatas, mereka tidak mampu mengintegrasikan setiap taktik baru dan memprioritaskan semua pilihan.
Apa yang dibutuhkan adalah kerangka kerja yang melihat pemasaran sebagai terkait dengan pertumbuhan bisnis dan bangunan dan memelihara keterlibatan pelanggan yang sedang berlangsung. Kini saatnya menggeser fokus dari media sosial dan penginjil, penjualan dan keselarasan pemasaran, serta alat pemasaran berbasis cloud terbaru, ke hal-hal yang benar-benar penting: yakni meyakinkan pelanggan untuk mempercayai Anda, bukan hanya sekali, tetapi lagi, lagi, dan lagi.
Salah satu mitos yang paling membuat frustrasi pemasar adalah gagasan bahwa pemasaran harus mampu membuat kebutuhan atau memaksa orang untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, atau membujuk mereka yang telah memutuskan tidak ingin membeli.
Judul Buku : Marketing above the noise: achieve strategic advantage with marketing that matters Penulis : Linda J Popky Penerbit : Bibliomotion, Inc., 2015 Tebal : 224 halaman Judul Buku : Marketing above the noise: achieve strategic advantage with marketing that matters
Penulis : Linda J Popky
Penerbit : Bibliomotion, Inc., 2015
Tebal : 224 halaman

Padahal, pemasar tidak memiliki kekuatan untuk membuat hal itu terjadi. Yang bisa dilakukan pemasar adalah menunjukkan sesuatu yang lebih baik dari yang lain. Pemasar dapat membujuk prospek untuk pindah dari merek A ke merek B karena pesan yang disampaikan beresonansi lebih kuat, karena prospek merasa lebih nyaman atau aman dengan pilihan itu, atau karena prospek telah dibuat menyadari kebutuhan atau ingin dia tidak difokuskan pada merek sebelumnya. Atau, pelanggan potensial mungkin hanya merasa terdorong untuk membeli karena afinitasnya ke satu perusahaan atau merek lain.
Sebagai pebisnis atau pemasar, Anda perlu memahami bagaimana tim pemasaran Anda dapat membantu perusahaan Anda keluar berdiri di atas keberisikan itu. Anda perlu mengetahui bagaimana organisasi Anda menggunakan pemasaran untuk menciptakan kesuksesan bisnis yang langgeng dan menghasilkan keuntungan strategis.
Banyak pembicaraan pemasaran berfokus pada teknologi: Twitter, Facebook, viral video, dan klik misalnya. Namun, Linda J Popky, penulis Marketing above the noise: achieve strategic advantage with marketing that matters ini faham bahwa teknologi adalah bagian penting dari sebuah teka-teki, meski bukanlah bagian yang paling penting. Paparan informasi dengan jumlah tak terbatas dari web, membuat konsumen sekarang memiliki informasi lebih banyak, bahkan lebih berkualitas ketimbang dari produsen.
Ini adalah dunia baru yang menuntut pemasar agar lebih cerdas mendidik dan memberi informasi kepada prospek, bukan sekadar menginterupsi dan menjual. Disini, Popky mengajukan pendekatan nilai-nilai dasar seperti kepercayaan, membangun hubungan, dan ketahanan dalam membangun konsep pemasaran yang bertujuan menciptakan minat pelanggan dan loyalitas.
Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi pemasar pada umumnya terhadap media sosial dan digital yang melekat selama ini, bahwa karena perkembangan teknologi informasi dan media sosial, dunia pemasaran berubah total. Padahal, saat ini masih banyak aspek pemasaran yang abadi dan relevan. Dengan kata lain, ada hal-hal penting dalam pemasaran yang tidak berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)