Marketing Strategy

Kolaborasi Clariant dan Martina Berto Kembangkan Bahan Kosmetik Alami

Clariant, perusahaan di bidang kimia khusus asal Swiss resmi menjalin kemitraan dengan PT Martina Berto Tbk, produsen produk kosmetik dan herbal di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Martha Tilaar Group.

Penandatanganan kerja sama Clariant dengan PT Martina Berto, Tbk.

Kerja sama antara PT Martina Berto, Tbk dan Clariant sudah dimulai sejak tahun 2015 dan telah mencapai tahap selanjutnya melalui penandatanganan perjanjian pada awal Oktober 2018. Berdasarkan kerja sama ini, PT Martina Berto Tbk akan memperoleh akses global untuk produk-produk inovatifnya dengan memanfaatkan sumber-sumber distribusi global milik Clariant.

Melalui kemitraan ini juga, Clariant akan mendapatkan akses terhadap tanaman dan ganggang unik dari kawasan Asia Tenggara, serta potensi untuk mengekplorasi dan menciptakan solusi-solusi berkelanjutan terbaru secara global.

Berdasarkan keahlian dari Martina Berto, Clariant akan meningkatkan kapabilitasnya sebagai “pakar di bidang alam” dengan akses terhadap keanekaragaman hayati Indonesia serta meningkatkan komitmen ethical sourcing.

Kolaborasi ini didasarkan oleh semangat bersama terhadap 100% bahan-bahan alami serta untuk menggunakan keanekaragaman hayati Indonesia yang sangat kaya,” ungkap Francois Bleger, Head of Clariant Business Unit Industrial & Consumer Specialty, Asia Pacific Region Clariant.

Selain itu, kerja sama ini juga mencerminkan langkah strategis lain dari bisnis Personal Care Clariant setelah sukses berkolaborasi dengan para ahli-ahli alam, antara lain CRM (Mediterranean biome), Beraca (Brazilian Biome) dan BioSpectrum (Asia biome) yang telah meningkatkan keanekaragaman hayati dari bahan-bahan baku untuk para pelanggan.

Sementara, PT Martina Berto Tbk yang didirikan di bawah Martha Tilaar Group berkomitmen penuh untuk memanfaatkan kekayaan alam Indonesia dalam memproduksi produk-produk berkualitas dengan memanfaatkan inovasi bangsa.

Sejak pertama kali didirikan, PT Martina Berto berfokus pada produksi produk-produk kosmetik yang inovatif dengan menggabungkan kearifan budaya lokal dan riset yang dilakukan terhadap berbagai tanaman obat, kosmetik dan aromatik dari alam. Riset mencakup buah-buahan dan bunga seperti Sariayu Putih Langsat dan ekstrak manggis yang dibudidayakan guna mengembangkan bahan baku baru untuk produk personal care yang inovatif.

Marina Silalahi

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

9 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

9 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

22 hours ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

1 day ago