Lima Strategi AVK Fusion Garap Pasar Indonesia

Lebih dari sepuluh tahun hadir di Indonesia, produsen solusi perpipaan, katup, hidran, dan instalasi air dan gas asal Denmark, AVK, makin serius menggarap pasar Indonesia. Keseriusan itu tak lepas dari tingginya potensi market di Indonesia dibandingkan negara lain di Asia Tenggara.

Dikatakan Regional Managing Director South & Southeast Asia Region AVK Gert Borrits, "Indonesia adalah pasar yang sangat potensial. Hal itu dibuktikan dari kontribusi Indonesia yang mencapai 15% terhadap total penjualan AVK di Asia Tenggara. Tahun ini, kami menargetkan 35% pertumbuhan penjualan dan tumbuh dobel pada tahun 2020 mendatang."

Optimisme AVK terhadap pasar Indonesia juga ditandai dengan target yang dipatok untuk lima tahun ke depan. Gert mematok kontribusi Indonesia terhadap pendapatan di AVK Asia Tenggara mencapai 25% pada lima tahun yang akan datang. "Kami targetkan omset AVK Fusion Indonesia bisa mencapai Rp 300 miliar hingga lima tahun ke depan," patoknya.

Guna memcapai target tersebut, sejumlah strategi dilancarkan AVK. Strategi pertama, AVK massif menambah jumlah partner atau mitra untuk menjangkau pasar di berbagai daerah di Indonesia. Jika saat ini jumlah partner AVK masih mencapai 6 mitra distributor, Gert menarketkan jumlahnya mencapai 15 mitra distributor hingga lima tahun ke depan.

Strategi kedua, AVK memperluas pasar ke proyek-proyek pembangunan infrastruktur gas pemerintah. Artinya, jika selama ini AVK memiliki mayoritas klien di pasar Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ada di Indonesia, maka mulai tahun ini, AVK mulai menyasar Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) untuk menggunakan produk-produknya.

Strategi ketiga, AVK baru saja memperoleh sertifikasi halal untuk pabrik pipanya dari lembaga halal di Eropa, European Halal Organization. Sertifikasi halal ini diharapkan sejalan dengan kebutuhan konsumen yang mengedepankan unsur halal dalam menggunakan produk. Sejatinya, sertifikasi halal menjadi salah satu competitive advantage yang penting bagi pasar Indonesia, yang notabene didominasi oleh pasar muslim.

Strategi keempat, AVK ikut berpartisipasi dalam Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center pada tanggal 18-20 September 2019. IWWEF adalah event dua tahunan yang diselenggaran oleh PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia).

Strategi kelima, AVK menyediakan Show Bus yang berisi varian produk AVK Group mulai tahun ini hingga dua tahun ke depan. Diungkapkan Gert, Show Bus secara regular digunakan untuk tujuan roadshow edukasi dan training ke berbagai daerah di Indonesia. "Kami akan bekerja sama dengan distributor untuk mengunjungi PDAM di seluruh Indonesia dengan menggunakan show bus ini," Gert menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)