Lippo Luncurkan Retail Online MatahariMall.com

Guna memperkuat posisinya sebagai grup ritel multi-format terbesar di Indonesia, Lippo Group mengumumkan peluncuran bisnis e-commerce bernama MatahariMall.com pada Rabu, (25/2), di Jakarta. Untuk membangun unit bisnis retail online-nya itu, Lippo menggelontorkan dana investasi hingga 500 juta dolar untuk jangka waktu 2 – 3 tahun ke depan.

mataharimall.com

Perwakilan Lippo Group John Riady, menyatakan bahwa MatahariMall.com akan membawa divisi ritel konsumen grup Lippo mencapai 25 miliar dolar dalam 5 tahun ke depan, dimana 20 persen merupakan kontribusi ritel online. Menurut John, perdagangan retail online akan mencapai 100 miliar dolar dan Asia Tenggara memiliki peranan penting terkait perkembangan e-commerce. “Oleh karena itu, visi kami adalah membangun ekosistem yang kuat dan memberikan kemampuan kepada penjual serta pembeli untuk melakukan bisnis kapan saja dan dimana saja.”
Lanjut John Riady, MatahariMall.com akan menyediakan berbagai produk mulai dari fashion, kecantikan, elektronik, rumah, makanan, buku, hiburan, otomotif, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, CEO Matahari Department Store, Bapak Michael Remsen, mengatakan, “bisnis retail online Indonesia akan tumbuh 10 kali lipat dalam 5 tahun ke depan. Bersama dengan MatahariMall, kami sepenuhnya komit untuk masa depan eCommerce. Semua pemasok dan mitra kami mendukung 100%.”

Keyakinan Michael Remsen terhadap pertumbuhan bisnis retail online bukan tanpa alasan. Sebagai grup ritel terbesar di Indonesia, Lippo mengakui bahwa divisi retail Grup Lippo memiliki pendapatan tahunan lebih dari Rp. 60 Triliun dan secara konsisten bertumbuh lebih dari 20% per tahun. Karena alasan itulah Lippo akhirnya terjun ke bisnis online.

Diakui John Riady, Grup Lippo memasuki e-commerce pada waktu yang tepat. Situs MatahariMall.com akan diluncurkan bulan Maret 2015. Ekosistem digital di Indonesia baru saja melewati titik critical mass. Tahun ini, penetrasi internet akan melebihi 30%. Ritel online baru 0,7% dari total penjualan ritel, namun diperkirakan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun ke depan.

Pertumbuhan ritel online paling cepat terjadi di daerah luar Jakarta, yang juga merupakan daerah dimana bisnis Lippo sangat mendominasi pasar. “Indonesia adalah negara terakhir di Asia, dengan pangsa pasar yang besar, di mana penetrasi eCommerce masih sangat rendah. MatahariMall adalah peluang online retail terbesar di Asia,” ujar John Riady.

Terkait lahirnya MatahariMall.com, Menteri Informasi dan Komunikasi Indonesia Bapak Rudiantara mengatakan, “e-Commerce adalah masa depan industri ritel. Kami sangat antusias dan mendukung sepenuhnya usaha Lippo memimpin langkah berani ini ke dalam bisnis eCommerce. Semoga sukses dan membawa keuntungan bagi negara.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)