Mengintip Lima Tahun Perjalanan Suzuki Ignis di Indonesia

MIX.co.id - Pangsa pasar kendaraan tipe SUV (Sport Utility Vehicle) terus mencatatkan pertumbuhan tiap tahunnya. Jika tahun 2020 pangsa pasarnya masih di angka 17-20%, pada kuartal I/2021, pangsa pasar SUV di Tanah Air telah mencapai 25,86%. Angka tersebut sanggup menggeser dominasi mobil MPV (Multi Purpose Vehice).

Tak heran, jika sejumlah perusahaan otomotif di Tanah Air berlomba masuk ke pasar SUV. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) misalnya, pada April 2017 lalu, menambah deretan portofolio produk SUV-nya, dengan menghadirkan Suzuki Ignis. Mobil tersebut didatangkan secara utuh oleh SIS dari India.

Hadir dengan mengusung konsep urban SUV yang menyasar anak muda di bawah usia 35 tahun, Suzuki Ignis mendapat sambutan sangat positif dari pasar Indonesia. Sepanjang 2017 misalnya, Suzuki Ignis mampu terjual 14.157 unit.

Memasuki tahun 2018, Suzuki menghadirkan Ignis Sport Edition. Peluncuran ini bersamaan dengan geliat segmen city car nasional yang terjadi pada awal 2018. Ignis Suzuki Sport menawarkan daya tarik berupa pembaruan tiga fitur yang menunjang performa mobil sehingga tampil lebih tangguh sekaligus tampil gaya untuk berkendara di jalan raya.

Guna memperkenalkan Ignis Sport Edition, Suzuki berpartisipasi pada ajang “Gaikindo Indonesia International Auto Show” (GIIAS) 2018, dengan menawarkan program penjualan khusus. Suzuki Finance memberikan satu bulan angsuran gratis dan cicilan ringan. Suzuki Finance juga menyiapkan hadiah langsung bagi konsumen yang melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk Ignis di ajang GIIAS 2018.

Alhasil, di 2018, Suzuki Ignis berhasil merajai segmen city car di Indonesia. Sayangnya, performa tersebut, tidak berlanjut di 2019. Bahkan, di 2019, penjualan Suzuki Ignis sempat melorot. Ditambah lagi dengan pandemi yang mulai melanda pada Maret 2020, membuat laju Suzuki Ignis terhambat.

Namun, Suzuki tak tinggal diam. Guna menstimulus pasar otomotif nasional yang mengalami penurunan 40% di masa awal pandemi, dengan berani Suzuki merilis New Ignis, yakni Suzuki Ignis Facelift.

Resmi diluncurkan secara virtual melalui streaming di akun Youtube Suzuki Indonesia pada awal pandemi, April 2020, Suzuki menargetkan pangsa pasar sebesar 35% di segmen City Car untuk Suzuki Ignis. Itu artinya, Suzuki Ignis ingin menyalip dominasi Honda Brio, yang sejak 2019 telah memimpin segmen city car di Indonesia.

Pada segmen city car, Suzuki Ignis Facelift akan bersaing dengan sejumlah merek seperti Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, Renault Kwid, dan Hyundai i10.

“Untuk melengkapi kebutuhan kaum urban, kami meluncurkan New Ignis yang kini tampil lebih modern, memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas, serta ground clearance yang cukup tinggi di kelasnya sehingga menambah kebanggaan dalam menunjang kegiatan dan gaya hidup perkotaan yang dinamis,” papar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, saat peluncuran New Ignis, April 2020 lalu.

Dirilis dengan harga Rp 171 Juta hingga Rp 200 Juta, New Ignis memiliki fitur-fitur yang menambah kenyamanan serta kemudahan berupa push start/stop button, keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control and blue tooth phone connection, AC auto climate with heater, 60:40 rear seat fold down, sporty look speedometer, dan 260 litre baggage.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)