Mengintip Tiga Negara yang Tahun Ini Agresif Menggelar Marketing Campaign di Indonesia

Indonesia sepertinya selalu menjadi “surga” bagi para pelaku bisnis. Terbukti, bukan hanya pelaku bisnis lokal yang tergiur manisnya bisnis di Tanah Air, namun pelaku bisnis dari mancanegara pun turut mengincar pasar Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pemerintah di negeri tetangga pun turut men-support para pelaku bisnisnya untuk menggarap pasar Indonesia. Tengok saja, bagaimana pemerintah Taiwan, Thailand, dan paling anyar HongKong, yang dalam beberapa tahun terakhir tampak serius membantu pelaku bisnisnya untuk memasarkan brand-brand mereka di Indonesia.

taiwan selects pop-up store

Berikut ini upaya marketing campaign dari tiga negara di Asia yang tahun 2015 ini telah dan akan menggelar kampanyenya di Indonesia.

"In Style HongKong" Campaign
Melanjutkan kesuksesan pameran produk-produk HongKong yang digelar oleh HongKong Trade Development Council (HKTDC) selama tiga tahun terakhir ini, pada promosi tahun 2015 ini HongKong akan menggelar program “In Style HongKong”. Acara akan berlangsung selama sepekan, 14-20 September 2015, dengan membidik konsumen ritel maupun pedagang atau pelaku bisnis di Indonesia. Sekitar 10.000 pembeli dagang, importir, distributor, peritel, agen-agen bermerek, waralaba, department store, dan toko-toko khusus di Indonesia ditargetkan dapat hadir di acara tersebut.

Program yang dikemas lewat format pameran itu mencakup pameran produk untuk pembeli dagang, promosi ritel dan makanan, hingga gala dinner. Sekitar 100 brand gaya hidup HongKong akan dihadirkan di empat zona bertema fesyen (termasuk Bossini, G2000, Giordano, Cocomojo, Mastermind, dan Subcrew); perhiasan dan jam tangan (termasuk Chow Tai Fook, Tse Sui Luen, Memorigin, Cosi Moda, Saga, Edwin dan Charles Hubert); suvenir dan peralatan rumah tangga (termasuk Lexington, PO Selected, Biba Toys dan Kid Galaxy); serta elektronik (termasuk Goodway, Gold Peak dan Y+X).

Sementara itu, rangkaian citywide promotion dengan sasaran para konsumen akan digelar di Jakarta untuk menghadirkan HongKong experience seperti trend gaya hidup HongKong yang unik dan dinamis. Acara tersebut akan digelar pada 14-20 September di Grand Indonesia Shopping Town Jakarta, dengan menghadirkan fesyen, kuliner, atraksi gaya hidup dan turisme HongKong. Begitu pula koleksi “Batik crossover” oleh enam unit desain kenamaan HongKong: Lulu Cheung, Walter Kong and Jessica Lau, Walter Ma, Aries Sin, Harrison Wong, dan Cecilia Yau.

Selain itu, disajikan pula kampanye “gourmet Hong Kong” melalui peluncuran webpage yang menghadirkan hingga 15 restoran a la HongKong di Jakarta, di portal OpenRice Indonesia (www.id.openrice.com). Sebuah Kompetisi Foto OpenSnap “OpenSnap Photo Competition” juga akan digelar untuk mengajak pelanggan bersantap di restoran partisipan. Mulai 1 September, Cafe HongKong yang beroperasi di Indonesia juga akan menghadirkan menu gourmet three-course yang dibuat oleh chef selebritas Hong Kong Walter Kei untuk program “In Style HongKong”.

Indonesia dan HongKong sendiri telah menikmati hubungan dekat di bidang perdagangan, dengan angka mencapai 5,13 milyar USD di tahun 2014. Di bidang investasi, HongKong menjadi investor terbesar ke-9 di Indonesia dengan investasi mencapai 657 juta USD tahun 2014 lalu.

“Wow! Taiwan Selects Pop-Up Store” Campaign
Setelah sukses menggelar Taiwan Excellence Campaign di Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2010—sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan produk bermerek Taiwan—tahun ini Taiwan kembali menggelar kampanye anyarnya untuk merek-merek industri kreatifnya. Mengusung kampanye “Wow! Taiwan Slects Pop-Up Store”, pameran produk-produk kreatif asal Taiwan telah dipamerkan selama seminggu, 22-28 Juni 2015, di Central Park Mall, Jakarta.

Pada kampanye “Wow! Taiwan Selects Pop-Up Store” ada 13 brand lifestyle pilihan asal Taiwan yang dihadirkan. Mulai dari produk skin care, healthy cookies, peralatan, tas, sepatu, sepeda, hingga peralatan olahraga. Ada brand Bonnie Housedan YUAN yang merupakan kategori produk beauty; ada brand Home Bake dan Green Max Foods yang merupakan kategori produk food; hingga kategori outdoor lewat brand Garmin, OHIOSPORT, JD Bug, SOLE, STRiDA, TRUE EAST ENTERPRISE, PUHU, Active Intelligence, KAI LI WANG FOOTWEAR.

Dijelaskan Verna Chung, Marketing Director SINE Integrated Management, yang merupakan perwakilan dari Taiwan Commerce Development Research Institute, “Melihat potensial bisnis di sektor industri kreatif di Indonesia, maka kami ingin menghadirkan berbagai produk yang mendukung gaya hidup urban dengan harga yang kompetitif. Ketiga belas brand yang kami hadirkan itu kami pilih karena mutu terpercaya dan brand-nya pun sudah terkenal di Taiwan. Kami berharap brand-brand tersebut juga bisa diterima di Indonesia.”

Melalui pameran tersebut, Taiwan berharap akan ada distributor potensial yang dapat digandeng sebagai mitra dari brand-brand tersebut. Selain memamerkan produk yang diharapkan product experience dapat tercipta di sana, menurut Creative Director SINE Integrated Marketing Taipei Lily Widjaja, acara juga akan diramaikan oleh games dan hiburan.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)