Kendati tahun 2015 lalu pasar otomotif sangat lesu, namun PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mampu menutup tahun 2015 dengan pencapaian yang gemilang. Di akhir tahun lalu, KTB kembali sukses mempertahankan posisi Mitsubishi Fuso Truk di peringkat pertama alias market leader dengan perolehan 47% di pasar kendaraan niaga.
Pasar kendaraan niaga sendiri pada tahun 2015 terpaksa terjun bebas hingga 32%, jika dibandingkan tahun 2014, dengan volume unit yang terjual hanya sebanyak 82.456 unit. Istimewanya, dalam kondisi pasar yang tak bersahabat itu, Mitsubishi Fuso justru sukses mendominasi pangsa pasar menjadi 47% atau setara dengan 38.586 unit.
Duljatmono, Director of Marketing Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation Division KTB, mengatakan, pangsa pasar Colt Diesel di kelas light duty truck (LDT) naik menjadi 54,8% pada tahun 2015 dibandingkan tahun lalu yang hanya 54,1%. “Demikian juga Fuso di kelas medium duty truck (MDT), pangsa pasarnya juga naik menjadi 23,8% di tahun 2015, sedangkan tahun 2014 hanya 22,1%. Hal ini semakin mengokohkan Mitsubishi Fuso sebagai market leader yang tak tergoyahkan selama 45 tahun,” yakinnya
Kenaikan secara volume, ditambahkannya, terlihat juga di produk New Fuso, yang mampu meningkat tajam hingga 54% di tahun 2015. “Dengan desain produk yang modern dan ekonomis, konsumen dapat memajukan usaha serta bisnisnya. Ini membuktikan New Fuso mendapat respon yang positif dari para pelaku usaha, terbukti kehandalannya dalam mendukung usaha para pelanggan. Terbukti produk ini mampu mendongkrak pangsa pasar di segmen MDT sebesar 1,7%,” tandasnya.
Kesuksesan KTB menguasai pangsa pasar, diakuinya, tak lepas dari penerapan strategi diferensiasi. Antara lain, dengan melakukan investasi untuk meningkatkan kualitas produk sesuai kebutuhan konsumen serta investasi di berbagai fasilitas layanan purna jual. Misalnya, dengan melakukan penambahan Part Depo dan Truck Center dengan konsep Zero Downtime yang menjamin layanan perawatan dan perbaikan kendaraan truk non-stop selama 24 jam.
“Selain itu, Mitsubishi Fuso terus menjaga hubungan baik dengan para pelanggan melalui customer visit, Fuso Gathering, dan Truck Campaign. Aktivitas tersebut terbukti sukses mempertahankan loyalitas pelanggan Mitsubishi Fuso. Untuk itu, kami menargetkan share Mitsubishi Fuso akan terus naik menjadi 50% dalam jangka menengah mendatang sehingga akan terus menjadi market leader di tahun-tahun berikutnya,” targetnya.