Paska Diakuisisi, Karir.com Pilih Strategi Revitalisasi

Setahun vakum di bursa pencari kerja, tahun lalu Karir.com memutuskan untuk aktif kembali. Aktifnya kembali pionir career portal sejak tahun 1999 itu juga dibarengi dengan strategi revitalisasi. Dipimpin Dino Martin sebagai CEO Karir.com, sejumlah upaya revitalisasi dilakukan sejak Karir.com diakuisisi oleh Emtek Group pada Desember 2014.

Tim Karir.com

Bisnis career portal memang masih sangat menjanjikan. Secara nasional, tak kurang dari 100 ribu job posting per hari hadir. Sementara Karir.com, sebagai perusahaan lokal, baru berkontribusi 5.000 posting per harinya. “Saat ini, ranking kami di Alexa 1.300. Kami berharap, setelah revitalisasi ranking kami di Alexa bisa mencapai 500 di akhir tahun 2015 ini,” ungkap Dino.

Langkah awal yang dilakukan Dino dan tim adalah mengubah tampilan (desain) dan engine menjadi lebih simple, modern, dan user friendly. Selain itu, Karir.com juga menawarkan tiga added value sekaligus diferensiasi berbasis customer centric–dalam hal ini para pencari kerja maupun perusahaan. Pertama, menghadirkan profile para pencari kerja yang komprehensif plus dilengkapi dengan sertifikasi. “Untuk sertifikasi ino, kami bekerja sama dengan mitra. Misalnya, tes Inggris dengan EF, Universitas Atmajaya, serta lembaga sertifikasi lainnya,” papar Dino.

Kedua, kemampuan networking dengan menggandeng berbagai kampus di Indonesia. Sebut saja, ITB, UGM, IPB, UI, dan sebagainya. Karir.com menggandeng mereka untuk menghadirkan microsite di program karir milik kampus. Bahkan, Karir.com juga siap menggandeng mereka yang ingin melakukan program magang.
Ketiga, Karir.com juga menawarkan program Knowledge Sharing. Antara lain, melalui survei secara rutin yang hasilnya akan di share kepada member perusahaan, halaman khusus dari para pakar Human Resources, hingfa memberikan sertifikasi gratis bagi para pencari kerja.

Lantas, bagaimana Karir.com memonetisasi layanannya? Dijawab Dino, Karir.com hanya akan mengambil margin dari perusahaan. Itu artinya, para pencari kerja gratis menjadi member Karir.com. “Kami dapat margin dari iklan perusahaan di portal, yang setahunnya mereka hanya perlu mengeluarkan dana tidak lebih dari Rp 10 juta untuk 50 kali posting. Sementara untuk ritel, tarif kami hanya Rp 489 ribu per hari per posting,” lanjut Dino yang menyebutkan tingkat kunjungan Karir.com per bulannya mencapai 2 juta.

Berbasis 33 ribu member perusahaan, dengan 3 ribu yang aktif, Dino optimis Karir.com dapat bersaing dengan career portal dari luar–yang selama ini masih merajai pasar career portal di Tanah Air. “Pada tahun ini, kami akan aktif melakukan pendekatan ke para pencari kerja, dengan melakukan aktivasi merek ke berbagai kampus dan kota di Indonesia,” tutup Dino.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

2 hours ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

2 hours ago

Taiwan Expo 2024 Pamerkan Produk Premium Inovatif

MIX.co.id – Taiwan Expo 2024 kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat,…

3 hours ago

Viessmann Luncurkan Vitopure S2-2G, Solusi Atasi Air Tercemar

MIX.co.id – Kasus pencemaran air masih banyak ditemui di sejumlah wilayah Tanah Air. Kondisi ini…

4 hours ago

Grab Business Forum 2024: Bahas Solusi untuk Genjot Produktivitas Bisnis hingga Efisiensi Operasional Perusahaan

Memasuki tahun kelima, Grab Business Forum 2024 hadirkan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara…

13 hours ago

Crane Lounge Jakarta Manjakan Pelanggan Lewat Layanan One Stop Solution

MIX.co.id – Crane Lounge Jakarta, lounge ternama yang berlokasi di kawasan Jakarta Utara, menggelar mini…

16 hours ago