Patok Pertumbuhan 15%, Begini Strategi TIKI di Ramadhan 2021

Ramadhan di masa pandemi memang agak berbeda dibandingkan ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Lantaran, perilaku konsumen di masa Ramadhan turut dipengaruhi oleh PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan WFH (Work From Home).

Dikatakan Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti, pada wawancara eksklusif dengan MIX, pada hari ini (15/4) secara virtual, pandemi memang menjadi tantangan tersendiri bagi industri, termasuk TIKI. "Dengan adanya PSBB dan WFH, maka aktivitas banyak mengandalkan jasa pengiriman seperti TIKI. Begitu juga dengan Ramadhan, yang ada pembatasan, bahkan pelarangan mudik," akunya.

Berangkat dari pengalaman Ramadhan 2020, diakui Yulina, TIKI masih mengalami pertumbuhan 10%. "Pertumbuhan itu juga didorong oleh tingginya pengiriman makanan. Sebab, larangan mudik, membuat orang-orang tetap ingin merasakan masakan kampung halaman. Begitu juga sebaliknya, orang-orang di kampung juga ingin merasakan aneka kue dari kota," ceritanya.

Untuk itu, pada sepanjang Ramadhan 2021, TIKI menargetkan pertumbuhan transaksi sebesar 10%-15%. Untuk mencapai target tersebut, sejumlah strategi telah dipersiapkan TIKI. Antara lain, dengan menggelar program Promo Same Day Service Kuliner Nusantara (SDS KITA) mulai dari Rp 25.000 per Kg.

"Tema Kuliner Nusantara kami hadirkan, karena pada Ramadhan tahun lalu, pengiriman makanan tercatat yang paling tinggi di TIKI. Untuk itu, melalui program ini, kami akan semakin memudahkan para pecinta makanan untuk menikmati beragam kuliner nusantara dan tentunya lebih hemat biaya. Program ini berlaku untuk pengiriman kuliner dari kota-kota besar di Indonesia ke wilayah Jabodetabek, dengan periode mulai dari 5 April hingga 16 Mei 2021," paparnya.

Program lainnya yang juga akan dihadirkan pada sepanjang Ramadhan tahun ini adalah Promo TIKI PUTAR, yakni layanan instant courier untuk wilayah Jabodetabek dengan garansi waktu pengantaran hingga 3 jam dengan tarif Rp 15.000 per 2 kg dan jaminan uang kembali. TIKI juga menggelar promo Tarif City Courier Jabodetabek-One Night Service (ONS) Rp 12.000 per kg dan Regular (REG) Rp 8.000 per kg.

Tak hanya program promo, pada Ramadhan 2021 ini, dijelaskan Yulina, TIKI juga akan menggelar program edukasi melalui kegiatan Webinar yang menyasar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) kuliner. Pada webinar ini dibahas berbagai topik seputar usaha kuliner di Bulan Ramadhan.

"Melalui program ini, kami juga akan mengedukasi pelanggan bagaimana melakukan packing pengiriman makanan yang tepat, termasuk untuk beralih ke fasilitas online booking untuk mempermudah transaksi pelanggan, antara lain dengan layanan JEMPOL, Aplikasi TIKI, dan Wehelpyou," urainya.

Seperti ramadhan tahun-tahun sebelumnya, dituturkan Yulina, TIKI juga menggelar sejumlah kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Di antaranya, TIKI Bagi Takjil serta Kunjungan Rumah Anak Yatim dan Tunanetra.

"Program ini telah menjadi bagian dari budaya dan tradisi yang diwariskan oleh pendiri TIKI, Alm. Bapak Soeprapto Soeparno. Kegiatan ini dilakukan serentak secara nasional di seluruh cabang TIKI di Indonesia. Di program ini, kami juga melibatkan karyawan TIKI," imbuhnya.

Pada Ramadhan tahun ini, TIKI juga memperkenalkan kembali layanan terbarunya TIKI Seller Online Booking (SERLOK). Layanan ini memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan lebih bagi para online seller dalam melakukan transaksi pengiriman dengan menggunakan produk TIKI.

"Dengan mendaftar menjadi anggota TIKI SERLOK, online seller akan mendapatkan diskon harga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller. Online seller juga akan memperoleh informasi dan mendapatkan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan edukasi dan promo marketing yang diselenggarakan TIKI," terangbya

Layanan TIKI SERLOK ini, dikatakan Yulina, menyasar para seller yang berbisnis kuliner rumahan, yang memasakannya melalui platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp Group--bukan eCommerce.

"Saat ini, jumlah seller yang sudah mendaftar mencapai lebih dari 100. Dan, saat ini, TIKI SERLOK masih berlaku untuk para online seller yang berdomisili di Provinsi DKI Jakarta. Namun ke depannya, kami berencana untuk memperluas layanan ini ke daerah lainnya," ujarnya.

Fasilitas Drive Thru yang merupakan fasilitas unggulan TIKI, juga akan digencarkan TIKI pada sepanjang Ramadhan ini. "Drive Thru makin banyak diminati para pelanggan terutama di masa pandemi. Pelanggan dapat mengirim paketnya tanpa perlu turun dari kendaraan sehingga mengurangi kontak fisik. Hingga saat ini, TIKI memiliki 4 fasilitas Drive Thru, yakni 3 berada di DKI Jakarta (TIKI Pemuda, TIKI Duren Tiga, dan TIKI TB Simatupang) serta satu di Pekanbaru," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)