Marketing Strategy

Q1 2016 Tumbuh 103%, Begini Strategi Bata agar Tetap Eksis

Tahun 2016, Bata–produsen sepatu dengan sejumlah merek seperti Bata dan Marie Claire–mengawali kinerjanya dengan pertumbuhan yang positif. Pada periode Januari hingga Maret 2016 (kuartal pertama 2016) misalnya, pertumbuhan penjualan Bata sudah tembus 103% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tahun 2015 lalu, Bata bahkan masih bisa bertumbuh di tengah kondisi pasar yang kurang bersahabat.

Diungkapkan Zaki Albiansyah, Marketing Manager Bata, eksistensi Bata dengan kinerja penjualan yang terus bertumbuh, disebabkan oleh empat strategi. Pertama, Bata selalu mengikuti tren dengan menghadirkan produk yang up to date.

Kedua, kata Zaki, Bata selalu menawarkan produk yang value for money, alias harga yang reasonable. Artinya, di tengah daya beli konsumen yang menurun, Bata yang menawarkan produk dengan harga yang reasonable plus model yang up to date, akhirnya menjadi pilihan yang tepat.

Ketiga, Bata juga menawarkan produk yang membidik hampir semua segmen. Mulai dari anak-anak, pria, wanita, sport, dan sebagainya. Keempat, mulai tahun 2015, Bata meluncurkan loyalty program berupa kartu member Bata Club.

“Kartu tersebut menawarkan beragam manfaat untuk para pelanggan, seperti diskon, poin yang diperoleh dari setiap transaksi yang kemudian dapat ditukarkan dengan aneka reward, dan masih banyan lagi,” tambah Ratna Banse, Merchandising Manager Bata, yang menyebutkan bahwa saat ini program Bata Club masih digelar di wilayah Jabodetabek.

Berpartisipasi di “Fashiontastic 2016”
Tahun ini, demi memperkenalkan koleksi terbarunya, Bata berpartisipasi pada event “Fashiontastic 2016” yang berlangsung pada 7-17 April di Pondok Indah Mall 2, Jakarta. Program yang digelar untuk ke-8 kalinya itu menyajikan rangkaian koleksi ready-to-wear—new collection dalam tema “Days to Shine”.

Tidak ketinggalan, merek-merek aksesori sebagai pendukung penampilan, seperti Marie Claire, turut hadir dalam event itu. “Kami sangat senang dan antusias bisa ikut dalam acara fashion show ini. Ini adalah kali pertama Bata dan Marie Claire ikut dalam acara Fashiontastic. Pada acara fashion show ini, kami memperkenalkan 32 sepatu koleksi terbaru kami,” imbuh Zaki.

Lanjut Zaki, koleksi sepatu terbaru Bata dan Marie Claire itu merupakan koleksi spring -summer 2016. “Kami menghadirkan berbagai koleksi sepatu terbaru laki-laki dan perempuan. Kami berharap setiap tahun bisa mengikuti acara fashion ini,” tambahnya. Selain memperkenalkan koleksi produk baru, melalui event itu, Bata dan Marie Claire juga menggelar consumer promo seperti diskon-diskon menarik untuk item-item tertentu.

Dwi Wulandari

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

22 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

22 hours ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

1 day ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

2 days ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

2 days ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

2 days ago