SHIFT dan Komunitas Jadi Strategi EIGER di 2022

MIX.co.id - Pandemi telah memicu perubahan perilaku konsumen di Indonesia. Perubahan itu mendorong industri mengubah strategi bisnis mereka agar tetap relevan. Penyesuaian strategi ini juga dilakukan oleh EIGER, termasuk dalam menyambut tahun 2022.

Studi internal EIGER mengungkapkan, sejak awal pandemi Covid-19, EIGER menemukan bahwa ketertarikan Eigerian dalam berbelanja online semakin meningkat. Diiringi dengan peningkatan daya beli yang semakin tinggi pada tahun 2021, Eigerian sendiri merupakan tipe konsumen yang setia dengan satu platform belanja online.

“Secara bisnis, geliat masyarakat tergambarkan melalui meningkatnya traffic online dan toko offline EIGER. Proporsi dari online berkontribusi hampir 15% dari total GMV, sedangkan persentase conversion rate pada toko offline mencapai 80%,” papar Imam Ibrahim, Manager Customer Experience EIGER Adventure.

Untuk itu, EIGER bertekad untuk terus menghadirkan pengalaman konsumen yang lebih baik. Di tahun 2021 misalnya, Eigerian dapat merasakan inovasi “Shop from Home”, program reseller, serta EIGER Adventure Club. Selain itu, EIGER juga terus mengembangkan konsep omnichannel experience yang memungkinkan konsumen tak perlu merasakan pengalaman berbelanja yang berbeda, baik melalui online maupun offline.

“Selama tahun 2021, kami berhasil membuka 50 toko street level di berbagai kabupaten di Indonesia. Hal ini kami lakukan untuk semakin memudahkan Eigerian untuk dapat mengakses produk-produk kami,” tambah Riadi Suwarno, Marketing General Manager, EIGER Adventure.

Sementara itu, hasil survei EIGER dengan 3.000 responden selama masa pandemi juga mengungkapkan bahwa pada tiga sampai enam bulan terakhir, banyak konsumen EIGER yang justru baru mencoba kegiatan luar ruang. Hampir separuh atau sebanyak 49,8% responden yang merupakan konsumen EIGER, mengaku baru mulai mencoba kegiatan mendaki. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa selama pandemi, banyak bermunculan pendaki baru dan masyarakat yang mulai mempertimbangkan kegiatan luar ruang.

Berkegiatan luar ruang ini menjadi aktivitas refreshing dan menghadirkan sebuah tren untuk melakukan self healing. Menurut survei yang dilakukan oleh tim EIGER pada bulan Mei 2020 lalu, terdapat lebih dari 40% responden menilai bahwa alam terbuka, satwa liar, dan mengunjungi ruang hijau penting untuk kesejahteraan dan kesehatan mental mereka.

“Ada beberapa kegiatan outdoor yang sangat marak di tahun 2021, antara lain adalah road trip, trail running, touring, hiking, serta camping. Bahkan, tren camping ini kemudian meningkatkan penjualan produk berkemah EIGER pada 3 bulan terakhir di platform eCommerce yang berkontribusi sebesar 6% dari total penjualan. Artinya, kurang lebih 6.000 produk perlengkapan berkemah laku terjual selama 3 bulan ini,” kata Riadi.

Christian H. Sarsono, Chief Executive Officer PT Eigerindo MPI, menambahkan, “Untuk tahun 2022, kami tetap menjunjung #SHIFT sebagai perwujudan strategi bisnis EIGER. SHIFT adalah Sustainable & smart products, Human experience, Integrated experiential commerce, Financial Soundness, dan Technology & data driven process.

Komunitas juga memiliki peran penting dalam perjalanan EIGER. Salah satu bentuk nyata dari EIGER untuk mendekatkan diri dengan komunitas adalah dengan rencana pembuatan “community platform” yang diharapkan bisa menjadi wadah bagi komunitas untuk saling berbagi kisah perjalanannya.

“EIGER tumbuh dan berkembang bersama komunitas atau yang kami sebut sebagai Eigerian. Untuk itu, harus ada hubungan yang semakin erat dengan komunitas, karena kami lahir dan tumbuh besar bersama komunitas,” pungkas Christian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)