Strategi Acer Hadapi Pasar Smartphone Indonesia

Ramainya pasar smartphone di Indonesia membuat brand harus meramu strategi jitu agar bisa berkompetisi. Herbert Ang, Presiden Direktur Acer Indonesia mengungkapkan strategi Acer dalam menghadapi pasar smartphone yang semakin kompetitif. Pertama adalah dengan melakukan inovasi produk.
Acer Indonesia

(ki-ka) Fabiant Kayatmo - Senior Product Manager Smarthandheld Acer, Rinda Salmun - Face of Jade, Herbet Ang - Presiden Direktur Acer Indonesia, Franki Djingga - GM Consumer Smarthandheld Acer saat peluncuran Smartphone Acer Liquid Jade dan Acer Liquid Z500 yang menyasar segmen fashionista.

“Inovasi itu penting agar kami bisa lebih lincah dan agile dalam menghadapi kompetisi. Acer melakukan inovasi produk dengan mengedepankan sisi desain, contohnya adalah seri Liquid Jade dan Liquid Z500 ini. Kami ingin menjadikan produk kami premium di kelasnya,” ujar Herbert yang ditemui MIX Marcomm seusai acara launching Smartphone Liquid Jade dan Liquid Z500 yang menyasar segmen fashionista. Strategi Acer yang kedua, diungkapkan Herbert, adalah menghadirkan added value yang ditawarkan kepada pelanggan. “Konsumen tentunya menginginkan lebih dari sekedar produk misalnya garansi hingga 3 tahun seperti dua smartphone yang diluncurkan hari ini,” tambahnya. Selain itu, strategi Acer lainnya adalah kemudahan dalam memberikan layanan pelanggan. “Kami punya banyak channel agar mereka bisa berinteraksi dengan kami salah satunya adalah bisa memberikan keluhan di social media. Ini adalah layanan 24/7. Hal seperti ini adalah value yang intangible tapi merupakan kenyamanan bagi konsumen kami,” ungkap Herbert. Bagaimana dengan harga? Banyak konsumen yang mengeluhkan harga smartphone segmen low dan middle milik Acer masih tergolong mahal, apalagi dibandingkan dengan merek asal Cina. Namun Herbert menyangkal bahwa harga tersebut worth dengan produk dan value yang didapat oleh konsumen. Oleh karena itu, dengan strategi yang dijalankannya tersebut, Acer mengaku tetap percaya diri menghadapi pasar Indonesia. “Tahun lalu kontribusi smartphone berhasil mencapai 20% dari total revenue Acer Indonesia. Tahun ini kami menargetkan 30%,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)