Daya beli konsumen Indonesia yang melemah ternyata berdampak pada industri alas kaki di Indonesia. Kelesuan itu pula yang dirasakan oleh salah satu brand alas kaki ternama di Tanah Air, Bata. Jika biasanya penjualan Bata selalu tumbuh double digit tiap tahunnya, tahun 2015 lalu, penjualan Bata hanya sanggup tumbuh 1-2%.
"Tahun lalu industri alas kaki di Indonesia memang tidak bagus. Kami memproduksi sekitar 3,6 juta pasang alas kaki. Namun, tahun 2016 ini kami optimstis pasarnya akan membaik. Oleh karena itu, target kami, Bata akan memproduksi 4,5 juta pasang alas kaki," terang Imran Malik, Presiden Direktur PT Sepatu Bata Tbk.
Diakui Imran, pertumbuhan penjualan yang terjadi di tahun lalu tak lepas dari kontribusi penjualan pada festive season Ramadhan dan Back to School. Penjualan pada masa Ramadhan dan Lebaran misalnya, sanggup berkontribusi 30% terhadap total penjualan Bata. "Itu sebabnya, setiap momen Ramadhan dan Lebaran, kami selalu menambah produksi hingga 800 ribu pasang alas kaki dibandingkan periode regular," lanjutnya.
Tahun ini, Bata pun masih akan mengandalkan festive season Ramadhan dan Lebaran untuk menggenjot penjualan. Mengusung program "Lebaran Gaya Bersama Bata", Bata sudah menyiapkan berbagai koleksi untuk semua segmen. Mulai dari baby, anak-anak, remaja, wanita, pria, hingga mereka yang peduli akan lifestyle. "Semua koleksi untuk segala segmen keluarga itu sudah tersedia di 500 ribu gerai Bata di seluruh Indonesia," ia menegaskan.
Ada tiga kegiatan yang siap digelar terkait program "Lebaran Gaya Bersama Bata". Pertama, menayangkan TV Commercial di program-program prime time seperti sinetron dan news. TV Commercial itu akan tayang mulai pekan kedua Ramadhan dengan brand endorser salah satu tokoh hijabers di Indonesia. Kedua, kampanye di seluruh social media milik Bata, seperti facebook, instagram, twitter, dan youtube. Ketiga, magic price lewat promo 'buy one get one free' atau diskon up to 50%. "Dengan magic price itu, kami berharap setiap orang bisa membeli lebih dari satu pasang alas kaki," harapnya.
Selain itu, dikatakan Imran, Bata juga aktif menggelar loyalty program lewat Bata Club. Kartu member yang diberikan kepada para pelanggan Bata itu menawarkan sejumlah benefit menarik. Antara lain, diskon khusus, free shoes, reward untuk mereka yang berulang tahun, hingga privilege lainnya. "Saat ini, sudah ada 200 ribu member Bata Club. Tahun ini target kami bisa mencapai 300 ribu member Bata Club," tutupnya.