Strategi Elevenia Pasca Diakuisisi Salim Group

Pasca diakuisisi penuh oleh Salim Group pada Agustus 2017 lalu, marketplace Elevenia mulai kembali melancarkan upaya pemasaran sekaligus branding. Upaya pembenahan dilakukan manajemen baru guna memperbaiki kinerja Elevenia. Salah satunya, dengan iklan TV Commercial dan tagline baru, yakni "Yang Kamu Cari, Ada".

Dikatakan Edward Kilian, Chief Sales & Marketing Officer Elevenia, kampanye ini diawali oleh insight bahwa masih banyak orang yang tidak tahu bahwa yang mereka cari, baik dari sisi produk, promosi, maupun layanan lainnya, sebetulnya ada di Elevenia. "Kami meluncurkan kampanye ini untuk mengukuhkan keberadaan Elevenia di industri e-commerce, sekaligus menguatkan positioning kami di pasar," tandasnya.

Diakui Sugiharto Darmakusuma, CEO Elevenia, selain prospek bisnisnya makin besar, persaingan eCommerce di Indonesia pun makin ketat. Sementara, jumlah pembelanja online baru mencapai 3%. Untuk itu, Salim Group melalui Elevenia ingin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekosistem eCommerce di Indonesia. "Salim Group juga ingin melakukan transformasi digital dengan mengakuisisi Elevenia. Sebab, di era digital seperti sekarang, offline saja tidak cukup," ucap Sugiharto yang enggan menyebut nilai investasi yang ditanamkan Salim Group guna membenahi Elevenia.

Strategi yang dipilih Salim Group dalam membenahi performa Elevenia, lanjut Sugiharto, adalah dengan fokus pada growth dan sustainability. "Itu artinya, kami tidak lagi bertumpu pada diskon gede-gedean hanya karena ingin cepat dapat banyak transaksi dan pembeli, tetapi margin negatif. Kami ingin bertumbuh dalam jangka waktu yang panjang. Tentu saja diskon tetap ada, hanya akan kami kemas lebih rapi dan menarik, sehingga kami dapat memperoleh the real new buyer," ungkapnya.

Oleh karena itu, strategi yang sudah, sedang, dan akan dilancarkan Elevenia adalah strategi yang mengutamakan user experience. Misalnya, dengan mengubah tampilan di halaman depan (home page) agar pengunjung dapat dengan mudah mencari barang yang mereka butuhkan. Termasuk, meng-update deals setiap harinya.

Selain itu, berbagai program serta layanan juga sudah dipersiapkan Elevenia untuk tahun 2018 ini. Pertama adalah E-Mart, yang merupakan hasil kolaborasi Elevenia dengan Pop Store, sebuah fitur layanan besutan Pop Box. “Program E-Mart dihadirkan untuk menyediakan kemudahan belanja keperluan harian, dengan tawaran harga grosir dan gratis ongkir (ongkos kirim). Saat ini, layanan E-Mart masih berlaku di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dimana bisa memberikan pengiriman express (same day delivery) untuk member Elevenia,” terang Edward.

Kedua, layanan logistik dengan Indo Paket, yakni untuk drop dan ambil paket di Indomaret. Layanan tersebut diberikan untuk memudahkan member dan seller e mobile untuk melakukan pengiriman produk. “Barang yang dipesan akan di-drop di Indomaret pilihan buyer, kemudian kasir Indomaret akan membantu melakukan scanned produk dan memberikan receipt setiap kali barang sudah diterima oleh buyer,” lanjut Edward.

Ketiga, Elevenia juga menambah pilihan pembayaran digital baru, OTTO Pay. “OttoPay merupakan merchant aggregator yang terkoneksi dengan banyak bank di Indonesia. Layanan ini akan membuka peluang transaksi Elevenia dari bank yang sebelumnya belum terkoneksi,” tambahnya.

Keempat, Elevenia juga siap menggarap komunitas melalui kerja sama dengan klub sepak bola Bali United. Melalui kerja sama sponsorship, Elevenia berperan sebagai official e-commerce partner. “Dalam kerja sama ini, Elevenia akan berperan sebagai kanal resmi penjualan tiket online (official online ticket partner) dan penjualan produk-produk resmi Bali United (official merchandise store). Kolaborasi dengan Bali United diharap bisa membantu Elevenia untuk lebih dikenal masyarakat Bali karena Bali merupakan salah satu pasar potensial untuk pertumbuhan Elevenia,” katanya beralasan.

Kelima adalah meluncurkan program ‘Triple Excitement’ pada saat Ulang Tahun ke-4 Elevenia di tahun ini. Melalui program tersebut, Elevenia memberikan hadiah utama berupa kesempatan belanja gratis selama 1 tahun penuh untuk 11 orang member yang beruntung, juga hadiah berupa Indomie 1 karton yang dapat diklaim di indomaret terdekat.

Diklaim Edward, usai melakukan pembenahan pada kuartal keempat 2017, kinerja Elevenia menunjukkan hasil yang positif. Sepanjang tahun 2017, jumlah penjual atau seller yang dimiliki Elevenia sebanyak 81.000, di mana 93%-nya seller individual. “Untuk pemilihan seller, kami tercatat selektif. Kami akan memilih seller yang profesional dan memiliki komitmen ke depannya,” pungkasnya.

Adapun jumlah produk di Elevenia mencapai 4,5 juta, jumlah pembeli atau buyer mencapai 580 ribu, jumlah transaksi mencapai lebi hdari 4 juta, dan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)