Marketing Strategy

Strategi Enesis Menggarap Pasar Minuman Konsentrat Jeruk

Pasar minuman konsentrat jeruk di Tanah Air masih bertumbuh 10% setiap tahunnya. Bisnisnya pun masih dinilai menjanjikan. Oleh karena itu, Enesis Group memutuskan untuk memperluas pasar produk konsentrat jeruknya dengan melakukan rebranding.

Jika sebelumnya Enesis Group bermain di produk konsentrat jeruk dengan merek Vegeta Jeruk, maka Desember 2018 lalu, Enesis resmi melakukan reformulasi Vegeta Jeruk. Persisnya, dengan melakukan rebranding dari Vegeta Jeruk menjadi Scrubber.

Dijelaskan Renny Yuliani, Product Manager Scrubber, selama ini Vegeta Jeruk dipersepsi segmented sebagai produk yang mampu melancarkan BAB (Buang Air Besar). “Oleh karena itu, kami ingin memperluas marketnya menjadi minuman es jeruk yang segar dan sehat. Dengan demikian, marketnya pun menjadi lebih luas untuk masyarakat umum di atas usia lima tahun,” ucapnya.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa Vegeta tetap ada, namun dengan varian Vegeta Herbal, yang hingga kini masih menjadi market leader. Sedangkan Vegeta Jeruk direformulasi kandungannya dan digantikan dengan Scrubber. “Sebagai brand baru, tentu Scrubber membutuhkan upaya branding guna membangun brand awareness-nya di pasar Indonesia,” tandasnya.

Sejumlah upaya pun dilancarkan Enesis untuk membangun brand awareness Scrubber sekaligus mengkomunikasikan sejumlah kandungan yang menjadi keunggulannya, yakni aneka serat yang terdiri dari serat larut dan tidak larut untuk memenuhi kebutuhan serat setiap hari, serta mengandung prebiotik sebagai makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan, sehingga baik dikonsumsi untuk membantu kesehatan pencernaan. “Scrubber juga telah bersertifikasi halal,” ujarnya.

Upaya branding yang dilakukan adalah dengan menggelar aktivasi di Above the Line melalui iklan di 11 TV nasional serta Below the Line (BTL) dengan menggelar program Sampling Massif dan kegiatan “Senam Sehat Scrubber”. Selain itu, Scrubber juga menggunakan pendekatan Public Relations (PR) melalui edukasi media.

Untuk Sampling Massif, Scrubber menggelar di sejumlah titik keramaian seperti pasar, car free day, perkantoran, festival kuliner, dan sebagainya. Sementara itu, untuk “Senam Sehat Scrubber”, Scrubber menggelar roadshow ke sejumlah kota di Indonesia, antara lain Bandung, Jakarta, Kerawang, Semarang, dan sebagainya.

Pada hari ini (3/3) di kawasan Car Free Day Jakarta misalnya, kegiatan “Senam Sehat Scrubber” dipandu oleh Vicky Burky. Selain itu, digelar juga sampling dan cek kesehatan. Sebelumnya, “Senam Sehat Scrubber” telah digelar di Bandung pada 24 Februari 2019 lalu. “Sejauh ini, respon market positif terhadap Scrubber,” tutup Renny, yang menyebutkan distribusi Scrubber sudah nasional di minimarket, modern market, warung, hingga market place atau eCommerce.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

14 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

15 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago