Strategi Ichitan Raih Posisi Ketiga di Pasar RTD Tea

Ready to Drink Tea (RTD Tea) atau minuman teh siap saji tercatat sebagai pasar yang menggiurkan. Merujuk studi Nielsen Retail Audit 2018, dalam tiga tahun terakhir, terdapat lebih dari 100 merek minuman RTD baru yang masuk ke pasaran. Angka itu belum termasuk varian-varian baru yang diluncurkan oleh merek-merek yang sudah ada.

Tingginya pasar RTD Tea tak lepas dari tingkat konsumsi orang Indonesia terhadap minuman berbasis teh. Masih menurut catatan Nielsen, minuman berbasis teh menempati posisi kedua sebagai minuman yang paling banyak diminum oleh orang Indonesia, yakni 23%. Peringkat pertama diisi oleh mineral water atau air putih (33%). Peringkat ketiga adalah minuman berbasis kopi (21%).

Fakta tersebut membuktikan bahwa persaingan di pasar minuman siap saji maupun RTD Tea memang makin sengit. Ichitan sebagai merek RTD Tea keluaran PT Ichi Tan Indonesia (Ichitan) menyadari sengitnya pertarungan itu. Oleh karena itu, sejak pertama kali merilis produk pertamanya di Indonesia pada Oktober 2015 lalu, yakni Ichitan Green Tea Honey Lemon dan Ichitan Green Tea Lychee, Ichitan terus melakukan inovasi sebagai strategi kunci untuk memenangkan pertarungan.

Dikatakan Tan Passakornnatee atau yang akrab disapa Mr. Ichitan, Pendiri dan CEO Ichitan Group PLC, "Inovasi menjadi strategi kunci Ichitan untuk bertarung di pasar RTD Tea di Indonesia. Untuk itu, setelah merilis dua varian produk pertama kami di Indonesia, Ichitan kembali meluncurkan varian Ichitan Yen Yen pada 2016 serta Ichitan Teh Manis, Ichitan Teh Hijau, dan Ichitan Teh Tawar pada 2017."

Lebih jauh ia menegaskan, Ichitan Teh Tawar adalah minuman teh tawar pertama di Indonesia dalam kemasan botol PET, yang diproduksi di dalam negeri khusus untuk konsumen Indonesia. Varian tersebut menggunakan teknologi Aseptic Cold-Filling dan daun teh hijau pilihan berkualitas tinggi.

Di tahun 2017, Ichitan juga meluncurkan Ichitan Thai Milk Tea pertama di Indonesia dalam kemasan botol PET dan dengan resep otentik dari Thailand. Ichitan juga telah menambahkan dua varian terbarunya, yakni Ichitan Green Tea Mango dan Ichitan Green Tea Guava.

Paling anyar, inovasi yang dilakukan Ichitan adalah dengan meluncurkan Ichitan Thai Milk Green Tea pada pertengahan Februari ini (14/2), di Jakarta. "Inovasi yang dikembangkan Ichitan merupakan salah satu bentuk konsistensi perusahaan dalam memberikan pengalaman baru bagi masyarakat untuk menikmati minuman khas Thailand dalam kemasan. Saya merasa senang Ichitan dapat membagikan cita rasa yang eksklusif dan tetap menyesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Dijelaskan Johannes Yoslin, CEO PT Ichi Tan Indonesia, Ichitan Thai Milk Green Tea hadir dalam kemasan botol berukuran 310 ml dan akan menyasar segmen millennials berusia 18-35 tahun sebagai target pasar utama. Mengusung tema tagline-nya #BeneranBikinSantai, saat ini, Ichitan Thai Milk Green Tea sudah tersedia di toko-toko terdekat di Indonesia.

Ichitan Thai Milk Green Tea juga sudah teruji higienis dan baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat. "Produk baru ini telah diproduksi dengan menggunakan teknologi Aseptic Cold Filling dari Jepang sehingga kualitas produk terjaga dan higienis. Sebenarnya, kami telah memasarkan Ichitan Thai Milk Green Tea sejak Desember 2019 dan sudah mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia. Hal itu tercermin dari penjualan Ichitan Thai Milk Green Tea yang terus meningkat, sehingga menjadi salah satu top sale product untuk Ichitan Indonesia,” klaim Marketing Director PT Ichi Tan Indonesia Duangkamon Ngarmsangiem.

Seiring dengan berbagai upaya inovasi produk yang telah dilakukan, diakui Duangkamon, Ichitan telah berhasil meraih peringkat ketiga sebagai brand RTD Tea dengan penjualan terbanyak di minimarket pada tahun 2019 lalu. Sebelumnya, Ichitan hanya menempati posisi keempat belas pada beberapa waktu sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)