Strategi Mayoutfit Bertahan di Industri Fashion

MIX.co.id - Mayoutfit, merek fashion lokal asal Bandung yang dirintis pada 2013 lalu oleh Intan Fazria Kusuma, Sinthya Audi Poetri, dan Aldi Yudistira, berhasil mempertahankan eksistensinya di masa pandemi. Keberhasilan itu tak lepas dari berbagai strategi yang dilancarkan Mayoutfit.

Apa saja strateginya? Diceritaka Intan, Mayoutfit lahir dari ide yang cukup sederhana dari para owner-nya pada masa kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, yaitu untuk memiliki penghasilan pada masa kuliah dan menyediakan baju-baju dengan harga terjangkau di kantong mahasiswa.

"Di tahun pertama berjalan, Mayoutfit masih menjual produk-produk dari supplier dengan modal nol rupiah. Keuntungan yang diambil pun tidak besar, yang penting bisnis tetap berjalan," ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, tak hanya menghadirkan harga yang sesuai kantong mahasiswa, Mayoutfit juga melancarkan  strategi marketing dengan melihat peluang dari penjualan online. Kala itu, Mayoutfit memanfaatkan Instagram sebagai platform media sosial yang baru naik daun, sehingga mampu membangun brand awareness dengan cepat.

Selanjutnya, perlahan Mayoutfit melakukan ekspansi ke pasar offline dengan membuka toko pertama di daerah Gegerkalong, Bandung. Dari segi pengembangan bisnis, perlahan Mayoutfit juga mulai memproduksi beragam produknya sendiri, mulai dari atasan, celana, dress, bahkan hijab dan aksesoris. Bahkan, Mayoutfit  juga meng-endorse influencers dengan membuat konten foto dan video yang menarik dengan menggandeng kreator dan model-model lokal.

"Di tahun ke-8 ini, Mayoutfit telah memiliki 10 cabang store offline di Jakarta, Bekasi, Depok, Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan Yogyakarta. Setiap minggunya Mayoutfit juga selalu mengeluarkan koleksi terbaru yang informasinya selalu di-update di Instagram @mayoutfit dan @shop.mayoutfit," tambah Sinthya.

Tak cukup, team dedicated designer pun telah dibentuk agar Mayoutfit  dapat terus meningkatkan kualitas terbaik, namun tetap dengan range harga yang terjangkau, mulai dari Rp 50.000 - Rp 200.000. "Tak hanya itu, sekarang Mayoutfit juga tengah mengembangkan platform website sebagai alternatif platform online shopping di samping Shopee," tutup Aldi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)