Strategi Plaza Kenari Mas di 2017

Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memicu para pelaku bisnis lokal untuk dapat bersaing dengan merek-merek global. Hal itu pula yang dialami oleh Plaza Kenari Mas. Sebagai salah satu pemain ritel lokal, Plaza Kenari Mas justru mencoba menangkap peluang dari persaingan bisnis di era MEA.

 

Langkah awal yang dilakukan manajemen Plaza Kenari Mas adalah dengan melakukan peremajaan gedung--baik internal maupun eksternal--yang telah dilakukan tahun 2014 lalu. Langkah itu sebagai bagian dari upaya manajemen dalam menjadikan Plaza Kenari Mas sebagai Destinasi Produk Merek Terkemuka Dunia di Era Pasar Global.

Dijelaskan AVP Marketing TM Agung Podomoro Ho Mely Surjani, "Indonesia banyak diincar oleh peritel asing. Mengingat, jumlah penduduk dan kelas menegah yang begitu besar. Oleh karena itu, kami juga harus mampu bersaing dengan melancarkan berbagai strategi. Salah satunya, mengusung konsep Trade Mall (TM) pada Plaza Kenari Mas. Kami menghadirkan Plaza Kenari Mas layaknya mall yang menawarkan kenyamanan, keamanan, kebersihan, keselamatan, dan kesehatan."

 

Sejatinya, melalui konsep TM, pengunjung dapat menciptakan brand experience dan brand engagement yang membuat kustomer dapat merasakan langsung produk yang ingin mereka beli. Dengan demikian, brand-brand terkenal seperti Philips & Philips Home Lighting, Kenari Djaja, America Standard, Samsung, dan sebagainya dapat menciptakan brand engagement dengan kustomernya di Plaza Kenari Mas.

 

Awal tahun 2017 ini, manajemen Plaza Kenari Mas kembali melakukan langkah strategis. Antara lain, dengan menghadirkan produk yang bervariatif dari merek internasional maupun domestik, menyajikan display yang atraktif, memperkuat brand awarness sebagai Specialities Trade Mall, serta menggelar consumer promo yang menarik.

 

Salah satu program consumer promo yang diluncurkan Plaza Kenari Mas hari ini (19/1) adalah "Belanja Berhadiah TM Vaganza". Ditambahkan Michael Widjaja, Marketing Manager Plaza Kenari Mas, "Melalui program ini, kustomer yang berbelanja di Plaza Kenari Mas minimal Rp 100 ribu berkesempatan memenangkan grand prizes Toyota New Fortuner dan hadiah menarik lainnya seperti kulkas, voucher belanja,dan sebagainya."

 

Jika tahun 2016, okupansi rate (penyewa yang membuka toko) di TM Plaza Kenari Mas mencapai 85% hingga 90%, maka jumlah pengunjung per harinya mencapai 25 ribu hingga 28 ribu. Tahun 2017, target pengunjung Plaza Kenari Mas per harinya diharapkan dapat naik 25%. Salah satu caranya dengan menggelar consumer promo yang tercatat efektif menumbuhkan trafik.

 

"Selain itu, service juga menjadi kunci utama kami dalam meningkatkan kinerja Plaza Kenari Mas," tegas Michael, yang menyebutkan bahwa omset pedagang di Plaza Kenari Mas naik 20-25% di tahun 2016. Ia pun memprediksi jumlah transaksi per hari di Plaza Kenari Mas mencapai Rp 25 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)