Strategi Revlon Perkuat Pasar Lipstik Matte

Revlon Indonesia Shiny Mentari Putri - Senior Head Sales and Marketing Revlon Indonesia (kanan) saat peluncuran Revlon Ultra HD Matte Lipcolor.

Beberapa tahun terakhir, tren pemulas bibir atau lipstik jenis matte kian menjamur. Hampir seluruh merek kosmetik yang beredar di pasaran berlomba-lomba untuk berebut ceruk pasar lipstik matte yang diprediksi akan terus tumbuh ke depannya. Tak terkecuali Revlon. Perusahaan kosmetik asal New York, Amerika Serikat itu juga memperkuat pangsa pasar lipstik matte dengan menghadirkan lini terbaru Revlon Ultra HD™ Matte Lipcolor.

“Tren pasar lipstik beberapa tahun ini memang ke jenis yang matte, dan mungkin masih akan berlanjut sampai beberapa tahun ke depan. Kalau dulu, konsumen sukanya lipstik matte yang kering, sekarang konsumen cenderung memilih lipstik matte yang velvet, jadi tidak terlalu kering dan tetap melembabkan bibir. Terkait warna, kalau dulu konsumen Indonesia kebanyakan lebih suka warna lipstik yang muda dan kalem, tetapi sekarang mereka sudah berani mencoba warna-warna tebal, seperti merah, ungu, dan oranye,” ungkap Shiny Mentari Putri, Senior Head Sales and Marketing Revlon Indonesia saat peluncuran Revlon Ultra HD™ Matte Lipcolor beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sejalan dengan peluncuran lini lipstik terbarunya, Revlon juga memperkenalkan kampanye atau movement global bertajuk ‘Choose Love’ sebagai kelanjutan dari brand mission terbarunya, 'Love is On'. Menurut Shiny, objektif kampanye tersebut adalah untuk empowering kaum perempuan di seluruh dunia. “Sebagai brand kosmetik yang target utamanya para perempuan, kami tidak hanya menghadirkan produk yang relevan untuk perempuan, tetapi juga seluruh aktivitas pemasaran kami sejalan dengan itu. Termasuk 'Choose Love', dimana kami ingin movement ini menjadi relevan dengan keseharian konsumen, yaitu menyebar kasih ke seluruh orang di sekitarnya” jelasnya.

Untuk awareness, Revlon menggandeng sejumlah beauty blogger. Mereka dinilai efektif memperkuat word of mouth (WOM) produk Revlon Ultra HD™ Matte Lipcolor di dunia maya. Selain itu, Revlon juga menggelar launching exhibition di Mal Taman Anggrek Jakarta pada 24-27 Maret 2016. Dalam event tersebut, selain mengadakan sejumlah promosi, Revlon juga menggelar workshop dan talkshow bersama beberapa beauty blogger.

Produk Revlon Ultra HD™ Matte Lipcolor dipasarkan seharga Rp 110 ribu, dan sudah tersedia di Matahari Departement Store sejak 23 Maret 2016. Menurut Shiny, produk tersebut akan mulai dipasarkan secara nasional pada 1 April 2016 mendatang. Tentang kompetisi pasar, ia menilai positif untuk tahun ini.

“Kami positif melihat kondisi pasar dan kompetisi brand kosmetik di tahun ini. Memang semakin banyak brand yang mencoba peluang di kategori lipstik matte, tak hanya brand luar, bahkan brand lokal juga semakin bermunculan, tapi kami tidak khawatir, karena positioning Revlon di Indonesia sudah cukup besar, dan kami optimis peluang Revlon masih sangat besar,” pungkas Shiny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)