Program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) resmi diluncurkan, Kamis (14/4) di Jakarta.
Sepanjang tahun 2015, konsumsi layanan data di jaringan Telkomsel naik sekitar 110% seiring dengan pertumbuhan pengguna smartphone dan menjamurnya aplikasi digital. Saat ini, jumlah pelanggan data Telkomsel tercatat mencapai 74 juta atau sekitar 50% dari total pelanggan, dan didukung oleh pertumbuhan penggunaan smartphone di Telkomsel sebesar 60%.
Untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggannya, beberapa strategi disiapkan Telkomsel di kuartal kedua 2016 ini. Pertama, Telkomsel berkomitmen untuk menambah infrastuktur jaringan ke berbagai lokasi. Selama tahun 2015, jumlah BTS Telkomsel tumbuh sebesar 20% mencapai 103.000 BTS yang tersebar ke seluruh penjuru Indonesia.
“Dari jumlah tersebut, sebanyak 50% merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang akan mendukung pelanggan mendapatkan layanan data yang terbaik. Di tahun 2016, kami berencana menambah 13.000 BTS yang hampir keseluruhannya adalah BTS broadband,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.
Strategi kedua, pertengahan April 2016 ini, Telkomsel menggelar program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) mulai dari 14 April-14 Mei 2016. Objektifnya, selain untuk membuktikan kehandalan jaringan broadband Telkomsel melalui video streaming yang akan disiarkan dari dua buah drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) berukuran besar yang melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia, program ini juga sebagai upaya menciptakan broadband experience yang baru dan berbeda khususnya bagi pelanggan Telkomsel.
“Elang Nusa adalah ekspedisi terbesar dan pertama di angkasa Indonesia, sebagai ajang pembuktian atas keunggulan layanan broadband Telkomsel yang tersebar hingga ke berbagai lokasi di Indonesia. Jaringan broadband Telkomsel yang terluas dan tercepat akan mendukung ekspedisi ini, sehingga masyarakat dapat melihat keindahan Indonesia dari udara, hasil dari video yang ditangkap oleh drone yang kami terbangkan di ketinggian 100 meter-150 meter,” kata Nirwan Lesmana, VP Marketing Communication Telkomsel.
Dalam ekspedisi ini dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 m akan diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8500 km. Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.
Elang Barat akan memulai perjalanan dari Sabang dan akan menempuh beberapa kota diantaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur, akan berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo. Di akhir perjalanan kedua drone akan bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali.
Menurut Nirwan, program Elang Nusa ini adalah bagian dari uji jaringan broadband yang dilakukan Telkomsel guna menjaga kualitas terbaik mobile broadband, baik 4G maupun 3G. “Harapannya, melalui program ini, kami bisa memperkuat kepercayaan konsumen terhadap jaringan Telkomsel, antara lain dengan menghadirkan experience baru dimana seluruh pelanggan bisa menyaksikan sendiri kekuatan jaringan kami di seluruh pelosok Indonesia,” pungkas Nirwan.