Marketing Strategy

Strategi XL Bertransformasi Menjadi Digital Service Company

“Predikat lain yang berhasil disandang adalah XL sebagai operator yang berhasil meraih laba (profit) dari layanan e-money, serta kedua terbaik untuk jumlah transaksi non-tunai yang ada. XL Saat ini memiliki lebih dari 1,8 juta pengguna layanan XL Tunai dan jumlahnya diharapkan akan terus meningkat, mengingat potensinya sangat besar karena dari jumlah pemegang ponsel di Tanah Air, 80%-nya belum memiliki bank account,” ucapnya.

Ke depan dengan adanya program transformasi XL Tunai, tandas Joseph, layanan XL Tunai akan dikembangkan untuk dapat masuk ke sektor-sektor yang menjanjikan seperti transportasi, property, dan komunitas. Pengembangan baru yang akan disasar misalnya mengimplementasikan e-money berbasis aplikasi mobile dengan fitur-fitur yang relevan dan customer centric, selain juga menambah partnership yang ada dengan lembaga keuangan baik di pusat maupun di daerah.

“Harapannya, 60 juta transaksi yang ada akan terus meningkat secara eksponensial. Tiga terbanyak transaksi XL Tunai adalah untuk pembelian pulsa prabayar, transfer dana, serta pembayaran belanja. Saat ini, lebih dari 200 merchant/biller telah bekerja sama dengan XL Tunai dan akan terus bertambah sesuai dengan segmen yang disasar.

 

Konsep Baru Sisternet
Sejak diluncurkan, DNA dari layanan digital Sisternet adalah Sharing, Inspiring, dan Caring. Oleh karena itu, untuk mewujudkan tiga elemen dari DNA tersebut, tahun ini XL akan membawa platform sharing economy pada layanan digital Sisternet. “Kami akan menjembatani antara segmen perempuan yang affluent, segmen perempuan millenial, serta segmen perempuan yang membutuhkan modal dan pendampingan untuk life improvement mereka,” papar Joseph.

Menurut Joseph, segmen perempuan affluent adalah mereka yang memiliki kemampuan modal dan mempunyai kepedulian dengan sesama, namun mereka tidak punya waktu. Oleh karena itu, segmen perempuan affluent itulah yang akan diposisikan sebagai Big Sister atau pemodal, yang akan memberikan modal untuk program pemberdayaan perempuan. Adapun segmen perempuan millenial, mereka memiliki waktu dan menyenangi pengalaman baru. Mereka akan menjadi pementor yang akan mendampingi perempuan-perempuan yang ingin memperbaiki tingkat hidup mereka.

“Selanjutnya, untuk perempuan yang butuh pendanaan dan pendampingan untuk memperbaiki kualitas hidup mereka, mereka akan mendapat mentoring dari segmen perempuan millenial dan mendapatkan permodalan dari segmen perempuan affluent,” papar Joseph, yang mengatakan bahwa platform sharing economy dari Sisternet itu akan segera dirilis di tahun ini.

Page: 1 2Lihat Semua

Dwi Wulandari

Recent Posts

NET-MD Entertainment Hadirkan Drama Ikonik dan Parade Film “NET Sinema”

MIX.co.id - Usai penggabungan saham, Lembaga penyiaran NET dan MD Entertainment membangun sinergi lewat NET11.11.…

16 hours ago

Percepat Fase Pertumbuhan, MMSGI Terapkan Workday HCM

MIX.co.id – Workday, Inc (NASDAQ: WDAY), penyedia solusi untuk membantu organisasi mengelola sumber daya manusia…

17 hours ago

Sharp Hydro Heroes, Program Kewirausahaan Bidang Pertanian untuk Anak Muda Indonesia

MIX.co.id - Data yang dilansir oleh Pusat Analisis Keparlemenan Badan Keahlian Setjen DPR RI, jumlah…

1 day ago

Pameran Konstruksi Indonesia 2024 di ICE BSD Targetkan 15 Ribu Pengunjung

Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kiri) didampingi Menteri Pekerjaan Umum Dody…

1 day ago

Atasi Kebocoran, Aquaproof Luncurkan Conseal

MIX.co.id – Aquaproo, pelopor cat pelapis anti bocor (waterproofing) di Indonesia, di usianya ke-40 tahun…

2 days ago

BNI Sekuritas – Tomoro Coffee – BEI Gelar SPM bagi Milenial dan GenZ

MIX.co.id – PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas), berkolaborasi dengan Tomoro Coffee dan Bursa Efek Indonesia…

2 days ago