Meski pasar kendaraan komersil mengalami penurunan, namun Hino mampu mempertahankan pangsa pasarnya.
Di tengah kondisi pasar yang tertekan dan ekonomi yang melambat, belanja pemerintah dan proyek-proyek infrastruktur adalah harapan terbesar bagi pelaku industri otomotif, terutama segmen kendaraan komersil. Untuk itu, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) optimis akan mencapai targetnya di semester kedua 2016, dimana HMSI mematok target dapat menguasai 65% pangsa pasar untuk segmen medium duty truck dan 20% untuk segmen light duty truck.
Untuk mencapai target tersebut HMSI akan fokus membidik segmen swasta seperti industri cargo atau distribusi, dan terutama sektor goverment melalui e-catalog, mengingat kebutuhan pemerintah akan kendaraan komersial cukup besar. Selain itu, HMSI juga akan terus memperkuat jaringan penjualan dan layanan purna jual-nya dengan menambah beberapa showroom baru di kawasan perindustrian dan kota–kota yang strategis. Sehingga, akhir tahun ini, Hino diharapkan akan memiliki 170 gerai showroom di seluruh Indonesia.
Saat ini, Hino Indonesia sebagai pemimpin pasar medium duty truck. Posisi ini sudah bertahan selama 16 tahun berturut-turut. Sepanjang periode Januari 2016-Mei 2016., HMSI mampu membukukan penjualan sebanyak 3.771 unit. Sementara, di segmen light duty truck, HMSI melalui produk unggulanya Hino Dutro mampu meraih market share 21% dan membukukan penjualan 4.594 unit.
Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, angka penjualan tersebut tercatat tumbuh 18%. Secara total, pasar kendaraan komersial nasional selama Januari 2016 – Mei 2016 memang mengalami penurunan 18% jika dibanding periode yang sama tahun lalu.
Untuk segmen medium duty truck, penurunan pasar sampai 12% dimana tahun lalu terjual 7.226 unit kendaraan sedangkan untuk tahun ini pasar melorot menjadi 6.384 unit sementara untuk segmen light duty truck pasar turun lebih dalam lagi yaitu sebanyak 20% ke angka 21.881 dari tahun sebelumnya yang mampu membukukan 27.194 unit penjualan. Penurunan pasar ini tentunya berdampak pada semua pelaku bisnis kendaraan komersial.
“Kondisi pasar di Indonesia yang belum stabil dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang belum terlihat, tentunya berdampak besar pada dunia bisnis. Penurunan pasar kendaraan komersial cukup signifikan pada tahun ini. Namun market share kami selama Januari 2016 – Mei 2016 mampu meningkat menjadi 21% untuk Hino Dutro dan Hino Ranger tetap bertahan di angka 59%,” ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI.