The NextDev 2016 resmi digelar, Telkomsel ajak anak muda ciptakan solusi untuk Smart City dan pedesaan.
Setelah sukses digelar pertama kalinya di tahun lalu, Telkomsel kembali menggelar program Digital Creative Indonesia Competition (DCIC) melalui kompetisi bagi para pengembang aplikasi seluler muda, yaitu The NextDev 2016. Mengusung tema Karya Anak Bangsa untuk Solusi Indonesia, The NextDev 2016 menantang anak muda untuk menciptakan aplikasi seluler yang memberi dampak sosial yang positif, terutama dalam hal pengembangan Kota Pintar (Smart City) dan daerah pedesaan.
Program The NextDev 2016 masih fokus pada pengembangan Smart City, tetapi dengan ruang lingkup yang lebih luas, yaitu kategori pengembangan aplikasi untuk rural atau pedesaan. “Pada penyelenggaraan kedua kali ini, kami akan memberi acknowledgement khusus untuk memotivasi pengembangan aplikasi di pedesaan,” kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.
Ada pun empat pilar utama yang mendorong percepatan terciptanya konsep penataan Smart City adalah Smart Economy, Smart Governance, Smart Environment, dan Smart Living. Smart Economy akan mendorong roda perekonomian kota secara berkesinambungan. Smart Governance akan mempermudah pengelolaan kota yang terintegrasi dan saling bersinergi. Smart Environment akan menciptakan lingkungan kota yang bersih dan asri. Sementera Smart Living akan menyediakan kemudahan dan kenyamanan hidup di kota.
Dalam kompetisi The NextDev 2016, terdapat sembilan sub tema yang memiliki fokus tersendiri sebagai dasar pengembangan solusi. Kesembilan sub tema yang bisa dipilih oleh peserta adalah agrikultur, kemaritiman, usaha kecil dan menengah (UKM), pemerintahan, energi, pariwisata, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.
Persyaratan untuk bisa mengikuti kompetisi The NextDev tahun ini sama dengan tahun lalu, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 hingga 30 tahun. Peserta dapat mendaftar secara individu atau tim (maksimal tiga orang). Mekanisme pendaftaran lebih lanjut akan diinformasikan melalui situs thenextdev.id. Dalam waktu dekat, sosialisasi kompetisi ini akan dilakukan di 20 kota di Indonesia, mulai dari Banda Aceh hingga Ambon.
Sebagai penghargaan bagi pemenang, di samping karya mereka akan bermanfaat bagi orang banyak, tiga tim terbaik juga akan mendapatkan berbagai hadiah menarik yang disebut dengan 6M, yakni Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), dan Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait).
Pada tahun 2015, The NextDev dinilai sukses dan berhasil menarik minat generasi muda Indonesia. Selain menjadi trending topic di media sosial Indonesia, The NextDev juga berhasil menghadirkan peserta dengan jumlah yang selalu melebihi target di 10 kota tempat pelaksanaan roadshow The NextDev. Tingginya minat peserta dalam kegiatan roadshow juga diikuti dengan tingginya jumlah submission, di mana hingga akhir periode terkumpul lebih dari 500 ide. Program The NextDev juga dinobatkan sebagai Best of The Best Corporate PR 2015 pada ajang Indonesia PR Program of the Year 2015.