Categories: Marketing Strategy

The Power and Value of Community

kopikopi

 

Dunia berubah. Kemajuan teknologi Internet, mobile dan jejaring telah mengubah dunia dan mendekatkan orang-orang menjadi satu persaudaraan tetangga yang besar. Orang dapat terhubung satu sama lain secara langsung dan terus-menerus membentuk sebuah komunitas.

Lokasi geografis kini bukan lagi halangan untuk berdiskusi, ngrumpi dan menyamaikan asirasi. Konektivitas benar-benar memungkinkan warga di pelosok dunia terlibat. Dunia bisnis tidak terkecuali. Di hampir semua industri, teknologi telah menurunkan biaya, menciptakan produk, mengakses pasar, dan membangun infrastruktur.

Dulu sebelum ada sosial media, orang harus bertemu tata muka satu sama lain. Social technology seperti Facebook, Youtube, Twitter, dan sebagainya, telah memudahkan konsumen terhubung satu dengan lainnya.

Ini makin meratakan “lapangan bermain” sehingga memungkinkan perusahaan kecil untuk bersaing. Sumber-sumber baru kompetisi bermunculan di bagian lain dunia. Langkah evolusi cepat ini menjadi realitas baru, dan perusahaan berebut untuk tetap berada di depan di arena persaingan.

Bagi pemasar atau pelaku marketing communications, situasi ini juga menguatkan kesadaran bahwa teknologi memang banyak menyediakan alat-alat baru dan peluang, tetapi orang tetap penting. Jika mereka merasa memiliki hubungan pribadi dengan merek merek, mereka setia. Itu sebabnya komunitas pelanggan, karyawan, dan pemegang saham menjadi sangat penting.

Saat ini, komunitas berkembang tidak hanya memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan atau merek, tetapi juga keuntungan adaptasi sekaligus membuat taruhannya lebih tinggi dari sebelumnya dengan makin bertumbuhnya media sosial. Akses yang lebih besar dan transparansi telah menempatkan pelanggan di kursi pengemudi.

Konsumen sekarang memiliki kekuatan untuk meneliti dan mengkaji perusahaan atau merek terlebih dulu sebelum membuat keputusan pembelian dan menyiarkan pendapat mereka kepada dunia. Kesalahan bisnis tidak lagi dapat disapu atau disembunyikan di bawah karpet dengan PR besar atau kampanye periklanan.
Namun merek bisa mendapatkan keuntungan dari perubahan ini.

Komunikasi yang terbuka melalui media sosial untuk layanan pelanggan yang responsive makin mudah, sehingga tak berlebihan bila orang mengatakan bahwa era digital memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan publik. Dengan beberapa klik keyboard, perusahaan dapat mengakses banyak data mulai dari ‘reaksi, kebiasaan, perilaku, kebutuhan, dan keinginan pelanggan. Informasi ini sangat penting dan makin relevan di lautan persaingan.

Fenomena ini makin mengukuhkan tesis bahwa merek sangat penting dalam membangun hubungan konsumen, dan memastikan keberhasilan bisnis jangka panjang. Para manajer pemasaran kini kian menunjukkan minatnya dalam manajemen ekuitas merek sebagai sarana untuk membangun hubungan konsumen jangka panjang.
Persoalannya adalah konsumen saat ini sangat skeptis terhadap merek.

Fenomena ini berjalan seiringan dengan kian meredupnya nilai media tradisional dan kelesuan ekonomi yang terjadi sekarang. Ini memberikan sinyal bahwa kedua wilayah terkait dengan pengidentifikasian konsumen dengan merek dan penciptaan komunitas merek menjadi kian besar kepentingannya bagi manajemen merek.

Page: 1 2 3

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Sambut CES 2025, LG Beberkan Visinya tentang “Affectionate Intelligence”

MIX.co.id - Mengawali tahun 2025, LG Electronics mengungkap visi perusahaan terkait kecerdasan buatan (Artificial Intelligence…

55 mins ago

Bopong, Bentoel Group “The Best Cause Promotion Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Bopong merupakan kampanye pengelolaan sampah puntung rokok yang merupakan kolaborasi antara Bentoel Group…

2 hours ago

EF Kids & Teens Sukses Gelar Kompetisi Regional Spelling Bee

MIX.co.id – EF Kids & Teens, perusahaan multinasional sekaligus jaringan sekolah bahasa Inggris, sukses menyelenggarakan…

5 hours ago

Luncurkan Dual Cream, MS Glow Men Gelar “Glow Pace Glow Face Fun Run”

MIX.co.id - MS Glow for Men merilis rangkaian produk perawatan wajah terbarunya, MS Glow for…

21 hours ago

BUKALAPAK DAN KONSEP THE 22 IMMUTABLE LAWS OF MARKETING

Sabtu kemarin merupakan sesi terakhir kelas mata kuliah Strategic Branding & Digital Communications mahasiswa S2…

24 hours ago

Siloam Cardiac Summit 2025, Dorong Inovasi dan Kolaborasi Bidang Kardiovaskular

MIX.co.id – Grup RS Siloam mengawali tahun ini dengan menyelenggarakan forum ilmiah bertajuk Siloam Cardiac…

2 days ago